Aktualisasi Nilai-Nilai Tazkiyatun Nufus Kitab Bidayatul Hidayah di Pondok Pesntren Hidayatul Mubtadi-iin Condro Kecamatan Kaliwates Jember

Ramadhany, Ahmad Shafwur (2021) Aktualisasi Nilai-Nilai Tazkiyatun Nufus Kitab Bidayatul Hidayah di Pondok Pesntren Hidayatul Mubtadi-iin Condro Kecamatan Kaliwates Jember. Masters thesis, IAIN Jember.

[img] Text
Ahmad Shafwur Ramadhany_0849319007.pdf - Submitted Version

Download (5MB)

Abstract

Pesantren merupakan lembaga pendidikan Islam yang masih kental ajaran keIslamannya. Sudah menjadi hal yang lumrah jika pesantren menjadi tempat untuk memperbaiki akhlak, dan kepribadian seseorang. Hal ini dikarenakan terdapat keunikan yang ada dalam pesantren untuk membentuk dan memperbaiki karakter santri. Metode yang dilakukan adalah pembiasaan, karena lingkungan yang mendukung, pembelajaran yang dilakukan dari hati ke hati, melihat Kyai sebagai panutan adalah salah satu dari proses Tazkiyatun Nufus santri. Aktualisasi diri yang dilakukan santri juga tidak lepas dari peran Kyai yang selalu mencontohkan berbagai hal yang positif sehingga santri dapat termotivasi untuk mejadi lebih baik. Oleh karena itu peneliti ingin mendeskripsikan proses Tazkiyatun Nufus pada pondok pesantren Hidayatul Mubtadi-iin ini agar santri sembuh bahkan terhindar dari penyakit hati yang ada dalam kitab Bidayatul Hidayah, yakni: Hasad, Riya‟ dan Ujub. Penelitian ini bertujuan untuk Mendeskripsikan Aktualisasi Nilai-Nilai Tazkiyatun Nufus Dalam Meninggalkan Penyakit Jiwa dalam Kitab Bidayatul Hidayah di Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadi-iin., yang telah difokuskan dalam fokus penelitian, yaitu Bagaimana Aktualisasi Nilai Tazkiyatun Nufus Dalam Meninggalkan Sikap Hasad di Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadi-iin?, Bagaimana Aktualisasi Nilai Tazkiyatun Nufus Dalam Meninggalkan Sikap Riya‟ di Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadi-iin?, Bagaimana Aktualisasi Nilai Tazkiyatun Nufus Dalam Meninggalkan Sikap Ujub di Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadi-iin? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis fenomenologi. Pengumpulan data menggunakan observasi partisipan, wawancara semi terstruktur dan dokumentasi. Keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini dengan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Temuan penelitian ini adalah: Implementasi nilai tazkiyatun nufus adalah dengan cara membiasakan sikap qonaah salah satunya adalah santri mengabdi mendapatkan jadwal ngaji tambahan, menerima makanan yang ada sebagai bentuk tirakat. Membiasakan untuk bersikap ikhlas, yaitu dengan cara memberikan shodaqoh kepada Kyai berupa uang atau sembako, membantu pembangunan pesantren. Serta selalu bersikap sederhana dan tawadhu‟ yaitu dengan cara tidak membawa karpet dan lemari sendiri memandang sama ketika gotong royong.

Item Type: Thesis (Masters)
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 17 Nov 2022 07:35
Last Modified: 17 Nov 2022 07:35
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/15097

Actions (login required)

View Item View Item