Upaya Penanaman Karakter melalui Budaya Sekolah siswa Sekolah Menengah Kejuruan Ibnu Sina Genteng Banyuwangi tahun pelajaran 2019/2020.

NASIH, MUHAMMAD (2020) Upaya Penanaman Karakter melalui Budaya Sekolah siswa Sekolah Menengah Kejuruan Ibnu Sina Genteng Banyuwangi tahun pelajaran 2019/2020. Masters thesis, IAIN Jember.

[img] Text
MUHAMMAD NASIH_0849316018.pdf - Submitted Version

Download (8MB)

Abstract

Alasan peneliti memilih judul ini sebagai obyek penelitian adalah pertama berangkat dari UU RI No 20 tahun 2003 tentang SISDIKNAS yang di dalamnya memuat nilai-nilai pendidikan karakter. Zaman yang semakin modern tenaga manusia sudah banyak yang tergantingan dengan teknologi (mesin), sisi lain seiring perkembangan generasi pemuda dihadapkan dengan persoalan-persoalan seperti kenakalan pelajar, kekerasan, asusila, hoaks dan narkoba, maka generasi pemuda perlu dibentengi dengan penanaman karakter melalui budaya sekolah. Peneliti memilih melakukan penelitian lapangan (field research) di SMK Ibnu Sina Genteng Banyuwangi, terkait dengan bagaimana upaya penanaman karakter religius melalui budaya sekolah, bagaimana upaya penanaman karakter Jujur melalui budaya sekolah, bagaimana upaya penanaman karakter Disiplin melalui budaya sekolah, bagaimana upaya penanaman karakter Kerja Keras melalui budaya sekolah. Untuk penerapan supaya karakter yang dimaksud dapat tercapai adalah maka perlu pembiasaan-pembiasaan dengan melalui budaya sekolah. Karakter ini menjadi penting karena ini bagian dari dasar prinsip berkehidupan yang baik. Sehingga siswa nantinya tidak hanya mendapatkan kompetensi keahliaannya saja sebagai bahan dan modal dalam berkerja melainkan juga dapat beragama, bersosial dan bermasyarakat dengan baik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif yang berupa penelitian lapangan (field research), jenis penelitiannya studi kasus. Metode pengumpulan datanya adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan trianggulasi. Sedangkan dalam menganalisis data peneliti menggunakan analisis data Miles dan Huberman dengan melibatkan tiga komponen analisis yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan upaya penanaman karakter melalui budaya sekolah siswa SMK Ibnu Sina Genteng Banyuwangi adalah melalu kegiatan dan pembiasaan sehari-hari. pembiasaan untuk mendukung karakter dimaksud sudah dilakukan setiap waktu seperti pagi jam sebelum pukul 06.45 WIB siswa masuk bermushafaah dengan dewan guru, Sebelum masuk kelas pukul 06.45 WIB siswa melaksanakan Sholat Dhuha dan Istigosah Qoshirah dengan Dewan Guru, doa bersama untuk mengawali pembelajaran. pukul 11.45 WIB siswa melaksanakan Sholat dhuhur berjamaah, setiap hari Rabu dan Kamis siswa mendapatkan pengetahuan kitab ubidayah yakni fiqih dan Ta’alim. Untuk tetap memupuk karakter siswa kegiatan ekstra kurikuler seperti, memperingati hari besar, kepramukaan, dan hadrah. Memberikan motivasi pemahaman secara menyeluruh dalam memberikan peringatan siswa yang berprilaku kurang baik.

Item Type: Thesis (Masters)
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 17 Nov 2022 07:35
Last Modified: 17 Nov 2022 07:35
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/15098

Actions (login required)

View Item View Item