yani, Fitri (2021) Metode Hanifida Dalam Meningkatkan Hafalan Al- Quran Di Pondok Pesantren Annuriyyah Rambipuji Jember V. Masters thesis, IAIN Jember.
Text
Fitriyani_0849319048.pdf - Submitted Version Download (11MB) |
Abstract
Sebagai salah satu komponen pengajaran, metode menempati peranan yang tidak kalah penting dari komponen lainnya dalam kegiatan belajar mengajar. Banyak sekali metode-metode yang digunakan dalam menghafal Al-Quran, salah satunya adalah metode Hanifida. Metode Hanifida yaitu metode yang dalam prakteknya menggunakan sistem asosiasi yaitu objek yang dihafal dihubungkan dengan kalimat atau kata yang mudah dan akrab di telinga atau di pikiran kita. Sejak dulu hingga sekarang banyak sekali orang yang masih menghafal dengan cara konvensional yaitu menghafal secara urut saja, namun sangat jarang sekali orang yang mampu menghafal secara acak. Dengan menggunakan metode Hanifida para santri bukan hanya mampu menghafal ayatnya saja, akan tetapi meliputi nomor surah, nomor ayat dan isi secara acak maju dan mundur. Tujuan penelitian ini adalah: 1. Untuk menganalisis efektivitas metode Hanifida dalam meningkatkan hafalan Al-Quran di pondok pesantren Annuriyyah Rambipuji Jember. 2. Untuk menganalisis efektivitas metode Hanifida dalam mempertahankan hafalan Al-Quran di pondok pesantren Annuriyyah Rambipuji Jember. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian pre-eksperiment dengan menggunakan One Group Pretest-Postest Design dengan sampel 32 santri putri. Pemilihan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yaitu dengan menggunakan wawancara dan tes. Intrument penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrument perlakuan dan instrumen tes. Peneliti menggunakan analisis uji N-Gain Score dan uji T (Paired Sample T Test) yang dibantu dengan program SPSS 16.0. Adapun hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa 1. iTerdapat ipeningkatan ihafalan sebelum dan sesudah menggunakan metode Hanifida, yaitu dari 29,06 menjadi 74,53. Data ini didukung dengan uji paired sample t test 16,339 > 2,039 dengan nilai sig 0,000 < 0,05 dan uji N-Gain score sebesar 64,08% pada kategori cukup efektif, iyang iartinya metode Hanifida cukup efektif dalam meningkatkan hafalan Al-Quran di pondok pesantren Annuriyyah Rambipuji Jember. 2. Dalam mempertahankan hafalan nilai rata-rata 53,56. Data ini didukung dengan uji hipotesis uji paired sample t test 8,075 > 2,039, dengan nilai sig 0,000 < 0,05 dan uji N-Gain score sebesar 34,84% pada kategori tidak efektif, iyang iartinya bahwa metode Hanifida tidak efektif dalam meningkatkan hafalan Al-Quran di pondok pesantren Annuriyyah Rambipuji Jember
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Divisions: | Program Magister > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr abdul mangang |
Date Deposited: | 17 Nov 2022 08:05 |
Last Modified: | 17 Nov 2022 08:05 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/15107 |
Actions (login required)
View Item |