Implementasi Pembelajaran Kitab Akhlak Lil Banin Dalam Membentuk Karakter Religius Santri Di TPQ (Taman Pendidikan Qur'an) Al-Hikmah Songgon Banyuwangi

Adi, M. Lutvi Kuncoro (2022) Implementasi Pembelajaran Kitab Akhlak Lil Banin Dalam Membentuk Karakter Religius Santri Di TPQ (Taman Pendidikan Qur'an) Al-Hikmah Songgon Banyuwangi. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
M. Lutvi Kuncoro Adi_T20181486.pdf

Download (3MB)

Abstract

M. Lutvi Kuncoro Adi, 2022. Implementasi Pembelajaran Kitab Akhlak Lil Banin Dalam Membentuk Karakter Religius Santri di TPQ (Taman Pendidikan Qur’an) Al-Hikmah Songgon Banyuwangi.
Kata Kunci: Implementasi, Pembelajaran Kitab Akhlak Lil Banin, Karakter Religius.
Penelitian ini mempunyai latar belakang masalah yaitu; Agama Islam telah mengajarkan kepada kita untuk mendidik karakter religius sejak dini dan bersandar pada dua sumber pokok ajaran Islam, yaitu Al-Qur’an dan sunnah Nabi, karena pada zaman sekarang banyak peserta didik atau santri yang melanggar aturan yang berkenaan dengan akhlak, padahal seseorang akan dikatakan memiliki iman yang benar dan sesuai syariat Islam jika ia memiliki karakter atau akhlak yang baik.
Fokus penelitian ini 1) Bagaimana Implementasi Pembelajaran Kitab Akhlak Lil Banin Dalam Membentuk Karakter Religius Santri di TPQ (Taman Pendidikan Qur’an) Al-Hikmah Songgon Banyuwangi? 2) Bagaimana Kontribusi Pembelajaran Kitab Akhlak Lil Banin Dalam Membentuk Karakter Religius Santri di TPQ (Taman Pendidikan Qur’an) Al-Hikmah Songgon Banyuwangi? 3) Bagaimana Evaluasi Pembelajaran Kitab Akhlak Lil Banin Dalam Membentuk Karakter Religius Santri di TPQ (Taman Pendidikan Qur’an) Al-Hikmah Songgon Banyuwangi?. Dengan tujuan penelitian 1) Untuk Mendeskripsikan Implementasi Pembelajaran Kitab Akhlak Lil Banin Dalam Membentuk Karakter Religius Santri di TPQ (Taman Pendidikan Qur’an) Al-Hikmah Songgon Banyuwangi. 2) Untuk Mendeskripsikan Kontribusi Pembelajaran Kitab Akhlak Lil Banin Dalam Membentuk Karakter Religius Santri di TPQ (Taman Pendidikan Qur’an) Al-Hikmah Songgon Banyuwangi. 3) Untuk Mendeskripsikan Evaluasi Pembelajaran Kitab Akhlak Lil Banin Dalam Membentuk Karakter Religius Santri di TPQ (Taman Pendidikan Qur’an) Al-Hikmah Songgon Banyuwangi.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian lapangan (field research) menggunakan teknik pengumpulan data: 1) Observasi 2) Wawancara, dan 3) Dokumentasi. Pengujian keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan dua jenis yaitu: 1) Triangulasi sumber, dan 2) Triangulasi teknik. Dan analisis data dalam penelitian ini menggunakan model interaktif Milles dan Huberman yaitu: 1) Pengumpulan data, 2) Kondensasi data, 3) Penyajian data, dan 4) Penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini bahwa 1) Implementasi pembelajaran kitab akhlak lil banin bahwasanya pembelajarannya telah terjadwal dan berjalan sebagaimana mestinya. Pembelajarannya dilaksanakan setiap hari senin malam selasa dan rabu ba’da magrib dengan menggunakan metode bandongan yang telah di variasi, dimulai dengan pembukaan, mengulas materi, membahas materi baru serta penutup dan do’a. 2) Kontribusi pembelajaran kitab akhlak lil banin sendiri yaitu santri lebih taat dan patuh terhadap peraturan yang ada, santri dapat membedakan mana perilaku baik dan buruk serta santri juga bisa lebih tertib dan sopan santun kepada orang lain. 3) Evaluasi pembelajaran pembelajaran kitab akhlak lil banin digunakan untuk mengetahui seberapa jauh tingkat pemahaman santri dan juga untuk mengetahui perubahan tingkah laku disetiap harinya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: M. Lutvi Kuncoro Adi
Date Deposited: 21 Nov 2022 01:43
Last Modified: 21 Nov 2022 01:43
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/15120

Actions (login required)

View Item View Item