Lestari, Fuji (2022) Peran Komite Madrasah dalam Mengembangkan Mutu Pendidikan di Madrasah Aliyah Negeri 1 Situbondo. Diploma thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.
Text
Fuji Lestari T20183128.pdf Download (5MB) |
Abstract
Fuji Lestari, 2022: Peran komite madrasah dalam mengembangkan mutu
pendidikan di madrasah Aliyah negeri 1 situbondo.
Kata Kunci: Peran Komite, Mutu Pendidikan
Persaingan pendidikan di Indonesia semakin ketat sehingga menuntut
setiap sekolah ataupun madrasah untuk lebih baik dan mampu bersaing dengan
sekolah-sekolah lainnya, akan tetapi untuk mencapai madrasah yang bermutu atau
berkualitas madrasah memerlukan kerja sama dengan pihak lain. Dengan hal ini
komite sebagai mitra kerja dari kepala madrasah diharapkan membantu segala
program yang dimiliki oleh madrasah.
Fakus penelitian ini adalah: 1. Bagaimana implementasi Peran Komite
Madrasah dalam Mengembangkan Mutu Pendidikan di MAN 1 Situbondo? 2.
Apakah faktor pendukung dan penghambat Peran Komite Madrasah dalam
Mengembangkan Mutu Pendidikan di MAN 1 Situbondo?
Tujuan penelitian ini adalah:1. Untuk mendeskripsikan impelementasi
peran komite madrasah dalam mengembangakn mutu pendidikan di MAN 1
Situbondo. 2. Untuk menganalisis faktor pendukung dan penghambat peran
komite madrasah dalam mengembangkan mutu pendidikan di MAN 1 Situbondo.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif.
Penentuan sumber data menggunakan primer dan sekunder. Menggunakan teknik
pengumpulan data observasi, wawancara semi-tersetruktur dan dokumentasi.
Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan
kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi
teknik. Tahap-tahap penelitian menggunakan tahap pra-pennelitian, pelaksanaan
penelitian, penyusunan data penelitian.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan: 1. Impelementasi peran komite
madrasah dalam mengembangkan mutu pendidikan di MAN 1 Situbondo telah
terlaksana dengan baik. hal itu bisa dilihat dari peran komite dalam memberikan
pertimbangan untuk kepala madrasah baik dalam bentuk saran dan masukan.
Dukungan yang diberikan oleh komite kepada madrasah berbentuk 3 hal yaitu
dukungan tenaga, fikiran dan finansial. Pengontrolan yang dilakukan oleh komite
madrasah berbentuk pengontrolan secara langsung dengan terjun ke madrasah dan
pengontron tidak langsung dilihat dari laporan yang diberitaukan madrasah
kepada komite. Mediator yang dilakukan oleh komite madrasah sejauh ini dengan
cara menjaga silaturahmi dengan orang tua dan menambah relasi dengan
masyarakat luas dan pemerintah. 2. Faktor pendukung peran komite madrasah
yaitu: a. terjalinnya hubungan antara komite dengan madrasah yang sudah lama.
b. kesamaan visi, misi, tujuan yang dimiliki komite dengan madrasah. c.
kerjasama dan bantuan yang diberikan orang tua siswa dalam pelaksanaan
program madrasah. Sedangkan faktor pengahambatnya yaitu: a. Ekonomi menjadi
penghambat program yang dimiliki madrasah. b. keterbatasan waktu yang dimiliki
anggota komite yang menjadikan kinerja komite kurang optimal.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1501 Accounting, Auditing and Accountability > 150116 Educational Accounting |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Fuji Lestari Fauzi |
Date Deposited: | 21 Nov 2022 01:28 |
Last Modified: | 21 Nov 2022 01:28 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/15143 |
Actions (login required)
View Item |