ARIF, SAMSUL (2019) Implementasi Ekstrakurikuler Seni Baca Al-Qur`an Dalam Mengembangkan Potensi dan Minat Belajar Siswa di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Jember. Masters thesis, IAIN Jember.
Text
SAMSUL ARIF_084931 7047.pdf - Submitted Version Download (5MB) |
Abstract
Ekstrakurikuler adalah kegiatan pendidikan diluar mata pelajaran untuk membantu pelayanan siswa sesuai dengan kebutuhan, potensi dan minat melalui kegiatan yang secara khusus diselenggarakan oleh sekolah atau madrasah. Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Jember adalah madrasah yang memiliki perhatian terhadap masalah pengembangan diri (bakat), hal ini dibuktikan dalam melakukan upaya-upaya untuk mengembangkan program pengembangan bakat. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan mengadakan kegiatan ekstrakurikuler seni baca Al-Qur’an. Kajian tesis ini dilatarbelakangi oleh pentingnya pendidikan agama Islam, khususnya pendidikan seni baca Al-Qur’an sebagai dasar pedoman hidup. Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Jember merupakan salah satu lembaga pendidikan yang menyelenggarakan kegiatan ekstra kurikuler seni baca Al- Qur’an, yang tujuannya adalah agar semua peserta didik mampu membaca Al- Qur’an dengan baik dan benar. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: (1) bagaimana pelaksanaan ekstrakurikuler seni baca Al-Qur’an di MAN 2 Jember?, (2) apa faktor penghambat kegiatan ekstrakurikuler seni baca Al-Qur’an di MAN 2 Jember?, (3) bagaimana evalusi seni baca Al-Qur’an di MAN 2 Jember?. Permasalahan tersebut dibahas melalui studi lapangan yang dilaksanakan di MAN 2 Jember. Untuk mendapatkan data diperoleh dari wawancara terstruktur, observasi partisipan dan dokumenter. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif interaktif model Miles dan Huberman. Kajian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan kegiatan ekstra kurikuler seni baca Al-Qur’an di MAN 2 Jember cukup baik. Metode yang digunakan oleh guru pembina dalam proses pembelajarannya yaitu meggunakan metode Jibril. Hasil temuan penelitian tentang : 1. Pelaksanaan ekstrakurikuler seni baca Al-Qur’an: a) kegiatan pendahuluan: (1) menyiapkan peserta didik, (2) membaca do’a, (3) melakukan absen, (4) mengulangi pelajaran, b) kegiatan inti: (1) guru memberi contoh bacaan ta’awudz, (2) guru menyelipkan bacaan tajwid, (3) guru memberi kesempatan kepada peserta didik untuk membaca, c) kegiatan penutup: (1) mengulangi kembali pelajaran dari awal, (2) menyampaikan rencana pembelajaran berikutnya, (3) mengakhiri kegiatan dengan membaca Al-‘Ashr. 2. Faktor penghambat dan pendukung ekstrakurikuler seni baca Al-Qur’an. 3. Evaluasi ekstrakurikuler seni baca Al-Qur’an : a) menilai kesiapan belajar, b) tes prognostik, c) tes unjuk kerja, d) musabaqah.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Divisions: | Program Magister > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr abdul mangang |
Date Deposited: | 18 Nov 2022 09:18 |
Last Modified: | 18 Nov 2022 09:18 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/15145 |
Actions (login required)
View Item |