Analisa Dampak Covid-19 Terhadap Motivasi, Kinerja Bisnis Dan Kesejahteraan Pada Pelaku Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Jember.

HUFRON, NAILIL (2021) Analisa Dampak Covid-19 Terhadap Motivasi, Kinerja Bisnis Dan Kesejahteraan Pada Pelaku Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Jember. Masters thesis, IAIN Jember.

[img] Text
NAILIL HUFRON_0839219019.pdf - Submitted Version

Download (3MB)

Abstract

Virus Corona atau biasa disebut dengan Covid 19 adalah virus yang menyerang sistem pernapasan manusia. Virus ini masih berhubungan dengan penyebab SARS dan MERS yang sempat merebak beberapa tahun lalu. Pandemic COVID-19 memunculkan beberapa masalah bagi pelaku UMKM, di sisi lain ada kesempatan yang juga muncul. Pelaku UMKM bisa memanfaatkan teknologi informasi dan komnikasi mengingat perdagangan elektronik pada 2020 mencapai US 130 Miliar. Transaksi perdagangan drastic elektronik meningkat selama pandemic COVID-19. Dampak COVID-19 sangat besar terhadap UMKM yang disekitar lembaga-lembaga pendidikan umum dan khusus. Bulan pertama dan ketiga banyak karyawan di rumahkan, buruh dipulangkan dan ini berdampak ke semua sector UMKM. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana dampak virus corona terhadap motivasi bisnis? 2) Bagaimana dampak virus corona terhadap kinerja? 3) Bagaimana dampak virus corona terhadap Kesejahteraan pelaku usaha kecil dan menengah? Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) Untuk mengetahui dampak virus corona terhadap motivasi bisnis 2) Untuk mengetahui dampak virus corona terhadap kinerja 3) Untuk mengetahui dampak virus corona terhadap Kesejahteraan pelaku usaha kecil dan menengah. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan cara mewaancarai Pelaku Usaha Mikro dan Menengah dalam menjalankan motivasi, kinerja bisnis dan kesejahteraan dengan adanya Covid-19. Teknik penentuan informan menggunakan metode purposive, informan untuk penelitian ini beberapa UMKM yang dipilih peneliti. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan trianggulasi. Metode analisis data mencakup reduksi data, penyajian data (data display), kesimpulan. Hasil Peneliian menunjukkan: 1) Motivasi bisnis para pelaku UMKM menurun karena dipatahkan oleh keadaan. Sehingga semangat untuk bekerja tidak seperti hari - hari biasanya, karena pelanggan enggan untuk keluar rumah, takut berinteraksi dengan manusia. 2) Kinerja dalam suatu UMKM tetap berjalan tapi tidak maksimal yaitu dengan kondisi covid-19. Karyawan juga sedikit takut dan pembeli juga takut keluar rumah. Dan kayawan pernah diliburkan sekitar sekaligus kita pernah tutup juga hampir satu minggua karna kondisi ini. Jadi dalam situasi covid-19 ini menjadikan kinerja karyawan juga menurun karena selain takut berinteraksi dengan pelanggan juga mereka tidak nyaman dengan seperti era new normal harus memakai masker dan jaga jarak yang tidak biasa orang lakukan sebelum-sebelumnya. 3) Seperti hasil observasi peneliti bahwa Kesejahteraan sangat memprihatinkan karna ketika kami tidak berjualan kami hanya diam dan makan sehari-hari memakai uang penghasilan kemarin. Dan bantuan dari pemerintah kabupaten juga tidak ada.

Item Type: Thesis (Masters)
Divisions: Program Magister > Ekonomi Syariah
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 18 Nov 2022 09:17
Last Modified: 18 Nov 2022 09:17
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/15154

Actions (login required)

View Item View Item