MASRUROH, EMI (2021) Penerapan Model Pembelajaran Attention, Relevance, Confidence, Dan Satisfaction Untuk Mengembangkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Fiqih Siswa Kelas VII Di Madrasah Tsanawiyah Negeri 9 Jember. Masters thesis, IAIN Jember.
Text
EMI MASRUROH_084 931 7017.pdf - Submitted Version Download (1MB) |
Abstract
Saat ini pendidikan dijadikan sebagai tujuan utama dalam suatu Negara karena pendidikan juga merupakan sebuah investasi jangka panjang yang berorientasi pada pembentukan kualitas, peran pendidik akan lebih diperhitungkan dalam mempersiapkan bangsa di masa depan. Pengembangan metode dalam pembelajaran sangat perlu dilakukan, hal ini dikarenakan kurang menariknya pelajaran yang dihadapi oleh siswa dalam suatu proses belajar mengajar. Kebosanan tersebut terjadi dalam pelajaran fiqih. Penyebab kebosanan itu adalah, Pertama, kurangnya minat dan motivasi untuk mempelajari Fiqih, kedua, kurangnya variasi metode pembelajaran yang digunakan guru. Fokus penelitian ini dikembangkan dalam tiga fokus sebagai berikut: (1) Bagaimana Perencanaan Pembelajaran ARCS untuk mengembangkan Hasil Belajar siswa pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas VII di Madrasah Tsanawiyah Negeri 9 Jember? (2)Bagaimana Pelaksanaan Pembelajaran ARCS untuk mengembangkan Hasil Belajar siswa pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas VII di Madrasah Tsanawiyah Negeri 9 Jember? (3)Bagaimana Evaluasi Pembelajaran ARCS untuk mengembangkan Hasil Belajar siswa pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas VII di Madrasah Tsanawiyah Negeri 9 Jember? Penelitian ini menggunakan kualitatif yang bersifat study kasus yang dilakukan di Madrasah Tsanawiyah Negeri 9 Jember. Teknik pengumpulan data yang digunakan (1) Observasi, (2) Wawancara mendalam, (3) Dokumentasi. Dalam penelitian ini penentuan subjek penelitian menggunakan teknik purposive. Dalam pengumpulan data, penelitian ini menggunakan model interaktif Miles dan Huberman, yaitu; reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Dalam uji keabsahan data, peneliti menggunakan triangulasi, yaitu tringulasi sumber, triangulasi metode. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa peneliti menemukan berbagai aktivitas yang berkaitan dengan berbagai Penerapan Model Pembelajaran Attention, Relevance, Confidence, Dan Satisfaction Untuk Mengembangkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Fiqih Siswa Kelas VII Di Madrasah Tsanawiyah Negeri 9 Jember yaitu; pertama, Perencanaan Model Pembelajaran Attention, Relevance, Confidence, Dan Satisfaction untuk Mengembangkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Fiqih Siswa Kelas VII di Madrasah Tsanawiyah Negeri 9 Jember. Pertama, Para Guru menyiapkan perangkat pembelajaran. Kedua, Para guru melakukan konsultasi dengan waka kurikulum tentang perangkat pembelajaran yang di siapkan. Ketiga, Pihak madrasah melakukan pertemuan di awal tahun untuk membahas persiapan perangkat pembelajaran, kedua, Pelaksanakan Pembelajaran Model Pembelajaran Attention, Relevance, Confidence, Dan Satisfaction untuk Mengembangkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Fiqih Siswa Kelas VII di Madrasah Tsanawiyah Negeri 9 Jember. Pertama, Guru memulai dengan memberi rangsangan terlebih dahulu. Kedua, Membangun komunikasi dengan guru lain sebagai partner dalam penerapan metode pembelajaran ARCS. Ketiga, Ketersediaan sarana dan prasarana menjadi penunjang utama dalam proses Pembelajaran ARCS (Attention, Relevance, Confidence, dan Satisfaction). Ketiga. Evaluasi Model Pembelajaran Attention, Relevance, Confidence, untuk Mengembangkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Fiqih Siswa Kelas VII di Madrasah Tsanawiyah Negeri 9 Jember, ada 3 (tiga) macam, yaitu: pertama, Evaluasi dilakukan oleh Guru. Kedua,Penilaian Harian, ketiga Penilaian Tengah Semester, dan Keempat, Penilaian Akhir Semester.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Divisions: | Program Magister > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr abdul mangang |
Date Deposited: | 18 Nov 2022 09:17 |
Last Modified: | 18 Nov 2022 09:17 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/15156 |
Actions (login required)
View Item |