Implementasi Bauran Pemasaran (Marketing Mix) Jasa Pendidikan Dalam Meningkatkan Kepuasan Pelanggan di SMP Amanatulloh Gambiran Banyuwangi.

NASRULLOH, MUHAMMAD SIHABUDDIN (2021) Implementasi Bauran Pemasaran (Marketing Mix) Jasa Pendidikan Dalam Meningkatkan Kepuasan Pelanggan di SMP Amanatulloh Gambiran Banyuwangi. Masters thesis, IAIN Jember.

[img] Text
MUHAMMAD SIHABUDDIN NASRULLOH_0849118028.pdf - Submitted Version

Download (5MB)

Abstract

Pengelolahan pemasaran jasa pendidikan akan baik jika dilakukan dengan benar dan profesional. Tujuan dari manajemen Implementasi Bauran Pemasaran untuk mempermudah lembaga dalam promosikan jasa pendidikan kepada masyarakat. Bauran pemasaran merupakan salah satu pokok pertimbangan masyarakat dalam memilih sebuah lembaga. Jika lembaga tidak peka terhadap apa yang dibutuhkan oleh masyarakat, maka dapat dipastikan bahwa lembaga tersebut akan kehilangan banyak kesempatan dan kalah bersaing dengan lembaga lain. Oleh karena itu peneliti ingin meneliti bauran pemasaran yang dilakukan oleh Sekolah Menengah Peratama Amanatulloh Gambiran Banyuwangi, karena siswa yang didapat semakin bertambah dan sudah diberi kepercayaan oleh masyarkat dengan usia Lembaga yang masih baru. Fokus pada penelitian ini adalah: 1). Bagaimana Strategi bauran pemasaran Jasa Pendidikan dalam meningkatkan kepuasan pelanggan di SMP Amanatulloh Gambiran Banyuwangi? 2). Bagaimana pertimbangan pokok kepuasan pelanggan dalam memilih Lembaga di SMP Amanatulloh Gambiran Banyuwangi ditinjau dari elemen bauran pemasaran? Tujuan pada penelitian ini adalah: 1). Untuk mendiskripsikan Strategi bauran pemasaran Jasa Pendidikan dalam meningkatkan kepuasan pelanggan di SMP Amanatulloh Gambiran Banyuwangi 2). Untuk mendiskripsikan pertimbangan pokok pelanggan dalam memilih Lembaga di SMP Amanatulloh Gambiran Banyuwangi ditinjau dari elemen bauran pemasaran Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, Studi kasus, Teknik pengumpulan data yang di gunakan (1) Observasi semi partisipan, (2) Wawancara semi terstruktur, dan (3) dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan model intraktif Miles Huberman dan Saldana dengan langkah-langkah: (1) pengumpulan data, (2) Kondensasi data, (3) penyajian data dan, (4) penarikan kesimpulan. Untuk keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode Adapun hasil penelitian adalah a).Produk/program yaitu Sekolah berupaya untuk menjadikan siswa siswinya seimbang antara prestasi dalam akademik dan prestasi dalam keagamaan. b).Price/biaya yang termasuk dalam kategori terjangkau, yaitu perbulannya Rp. 550.000 c). Place/lokasi yaitu memiliki tempat yang mudah dijangkau oleh kendaraan dan suasana lingkungan masih asri d). Promotion/promosi yaitu dengan cara menyiapkan brosur, media social, spanduk, atau banner. Selain itu pihak yayasan juga mempromosikan kepada jamaah haji dan umroh dan jamaah Dzikir padang Arofah.e). Physical Evidence/bukti fisik yaitu mempunyai sarana dan prasarana yang lengkap dan memadai Seperti fasilitas Gedung yang semuanya berjumlah tiga lantai. g). Process/proses yaitu berusaha membangun dan membentuk karakter keislaman sebagai perwujudan dari terbentuknya akhlakul karimah. Sedangkan Pertimbangan Pokok Pelanggan Dalam Memilih Lembaga Pendidiikan SMP Amanatulloh Gambiran, ditunjau dari elemen bauran pemasaran adalah terletak pada elemen a). Produk/program b). Physical Evidence/bukti fisik c). Price atau harga.

Item Type: Thesis (Masters)
Divisions: Program Doktoral > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 18 Nov 2022 09:17
Last Modified: 18 Nov 2022 09:17
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/15158

Actions (login required)

View Item View Item