Kinerja Kepala Madrasah dalam Melaksanakan Aktifitas Manajerial Peserta Didik Di Madrasah Tsanawiyah Al- Amiriyyah Blokagung Karangdoro Tegalsari Banyuwangi Tahun Ajaran 2019- 2020

HIDAYAT, MUHAMMAD RAHMAN (2020) Kinerja Kepala Madrasah dalam Melaksanakan Aktifitas Manajerial Peserta Didik Di Madrasah Tsanawiyah Al- Amiriyyah Blokagung Karangdoro Tegalsari Banyuwangi Tahun Ajaran 2019- 2020. Masters thesis, IAIN Jember.

[img] Text
MUHAMMAD RAHMAN HIDAYAT_0849117032.pdf - Submitted Version

Download (7MB)

Abstract

Penyelenggaraan dan pengelolaan pendidikan di madrasah pada dasarnya meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Kegiatan-kegiatan tersebut saling berkaitan dan merupakan fungsi pokok dan kegiatan manajemen pendidikan. Adapun bidang garapan manajemen pendidikan mencakup penataan sumber daya yang mendukung penyelenggaraan pendidikan, yaitu: tenaga kependidikan, peserta didik, kurikulum, sarana dan prasarana, keuangan, tata laksana, organisasi madrasah,dan hubungan madrasah dengan masyarakat. Fokus penelitian ini membahas 1) Bagaimana kinerja kepala madrasah dalam menyusun perencanaan peserta didik di MTs Al-Amiriyyah Blokagung Karangdoro Tegalsari Banyuwangi Tahun 2019/2020?, 2) Bagaimana kinerja kepala madrasah dalam melaksanakan program peserta didik di MTs Al- Amiriyyah Blokagung Karangdoro Tegalsari Banyuwangi Tahun 2019/2020?, 3) Bagaimana kinerja kepala madrasah dalam melaksanakan evaluasi program peserta didik di MTs Al-Amiriyyah Blokagung Karangdoro Tegalsari Banyuwangi Tahun 2019/2020? Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan model interaktif Miles – Huberman dan Saldana yaitu : kondensasi data (data condensation), menyajikan data (data display), dan menarik simpulan atau verifikasi (conclusion drawing and verification). Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Kinerja Kepala Madrasah dalam menyusun Perencanaan Program peserta didik ada 2 yaitu : a) Menindak lanjuti hasil rekomendasi Evaluasi Diri Madrasah (EDM) sebagai bahan untuk menyusun perencanaan program pengelolaan peserta didik. b) Menyusun dokumen perencanaan madrasah (RKM, RKT, APBM) bersama Tim Pengembang Madrasah. 2) Kinerja Kepala Madrasah dalam melaksanakan program peserta didik dengan 3 aktifitas kinerja yaitu a) Pelayanan kesiswaan yang dilaksanakan dengan mengklasifikasi siswa menurut kemampuan kognitif b) Pembinaan dan Pengawasan Peserta Didik dilaksanakan dengan penggunaan absensi fingerprint, Penetapan tata tertib kelas serta Pemberian teguran baik lisan maupun tulisan pada pelanggaran. c) Pengembangan bakat dan minat siswa dilaksanakan dengan penyusunan jadwal ektrakurikuler, memantau dan menggali potensi yang ada dalam diri pribadi siswa, meningkatkan prestasi baik akademik maupun non akademik. 3) Kinerja Kepala Madrasah dalam Melaksanakan Evaluasi Program Peserta didik dilaksanakan dengan 2 aktifitas kinerja yaitu: a) Melaksanakan Pengisian Instrumen Evaluasi Program Pengelolaan Peserta didik. b) Mengadakan rapat evaluasi Program Pengelolaan Peserta didik.

Item Type: Thesis (Masters)
Divisions: Program Doktoral > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 18 Nov 2022 09:17
Last Modified: 18 Nov 2022 09:17
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/15162

Actions (login required)

View Item View Item