YIDIN, MUH (2021) Supervisi Akademik Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru di SMP Plus Bustanul Ulum Puger. Masters thesis, IAIN Jember.
Text
MUHYIDIN_0849119017.pdf - Submitted Version Download (4MB) |
Abstract
Supervisi akademik kepala sekolah dapat mengubah kinerja guru dalam proses pembelajaran. Supervisi sangat penting bagi dunia pendidikan untuk memastikan efektivitas dan produktivitas program yang dicanangkan. Setidaknya, ada dua alasan yang mendasari pentingnya supervisi akademik yaitu pengembangan kurikulum dan pengembangan personal. Oleh karena profesionalitas guru dalam mengajar sangatlah penting maka hal tersebut tidak lepas dari supervisi akademik kepala sekolah. Fokus dari penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana perencanaan supervisi akademik kepala sekolah dalam meningkatan kinerja guru di SMP Plus Bustanul Ulum? 2) Bagaimana Pelaksanaan supervisi akademik kepala sekolah dalam meningkatan kinerja guru di SMP Plus Bustanul Ulum?, 3) Bagaimana evaluasi dan tindak lanjut supervisi akademik kepala sekolah dalam meningkatan kinerja guru di SMP Plus Bustanul Ulum? 4) Bagaimana kendala-kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan supervisi akademik kepala sekolah untuk meningkatkan kinerja guru di SMP Plus Bustanul Ulum? Penelitian ini bertujuan: 1) Mendeskripsikan Perencanaan supervisi akademik kepala sekolah dalam meningkatan kinerja guru di SMP Plus Bustanul Ulum, 2) Mendeskripsikan Pelaksanaan supervisi akademik kepala sekolah dalam meningkatan kinerja guru di SMP Plus Bustanul Ulum, 3) Mendeskripsikan evaluasi dan tindak lanjut supervisi akademik kepala sekolah dalam meningkatan kinerja guru di SMP Plus Bustanul Ulum, 4) Mendeskripsikan kendala-kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan supervisi akademik kepala sekolah untuk meningkatkan kinerja guru di SMP Plus Bustanul Ulum. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Penentuan subyek penelitian dilakukan secara purposive. Sumber data menggunakan sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi non partisipasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis Data: menggunakan deskriptif kualitatif dengan model interaktif Milles, Huberman dan Saldana dengan langkahlangkah: Pengumpulan data, kondensasi data (Data condensation), Penyajian data (Data display) dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini adalah 1) Perencanaan penyusunan program supervisi akademik melibatkan waka kurikulum dan tim supervisi internal. 2) Pelaksanaan supervisi akademik yaitu dengan melakukan kunjungan kelas terhadap guru yang akan disupervisi yang terfokus pada pemeriksaan administrasi pembelajaran, pemantauan jalannya proses belajar mengajar mulai dari awal hingga berakhirnya pembelajaran 3) Evaluasi supervisi akademik dilakukan oleh kepala sekolah, waka kurikulum dan tim supervisi internal di akhir pembelajaran. 4) Kendala-kendala supervisi akademik meliputi tidak tepatnya waktu pelaksanaan supervisi dengan jadwal yang telah ditentukan, adanya siswa heterogen, kurang lengkapnya sarana dan prasarana dan faktor senioritas.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Depositing User: | Mr abdul mangang |
Date Deposited: | 18 Nov 2022 09:17 |
Last Modified: | 18 Nov 2022 09:17 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/15164 |
Actions (login required)
View Item |