Pengaruh Pendekatan Etika Bisnis Islam Dan Garansi Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Konsumen Handphone Pada Word Trade Center Cell Banyuwangi

SYAFA’AT, AKHYAR (2021) Pengaruh Pendekatan Etika Bisnis Islam Dan Garansi Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Konsumen Handphone Pada Word Trade Center Cell Banyuwangi. Masters thesis, IAIN Jember.

[img] Text
AKHYAR SYAFA’AT_0839219021.pdf - Submitted Version

Download (14MB)

Abstract

Kebutuhan masyarakat terhadap berbagai produk semakin berkembang seiring berubahnya pola dan gaya hidup masyarakat modern. Salah satu objek transaksi jual beli yang berkembang saat ini adalah handphone dengan berbagai merek, varian dan tipe. Hal ini disebabkan berkembangnya teknologi informatika dan internet yang semakin canggih menyebabkan progres teknologi handphone ini semakin maju. Word Trade Center Cell (WTC) adalah pusat penjualan barang elektronik di Banyuwangi yang menerapkan etika bisnis Islam dan memberikan garansi pada setiap barang yang dijual guna membangun kepuasan pada konsumen yang nantinya akan menimbulkan loyalitas terhadap pelanggan. Penelitan ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan explanatory research yaitu bertujuan untuk menguji secara empiris variabel-variabel dalam penelitian yang telah dirumuskan dalam rumusan masalah. Fokus penelitian dalam tesis ini terbagi yaitu: 1) Apakah pendekatan etika bisnis Islam berpengaruh terhadap kepuasan konsumen Handphone pada WTC Banyuwangi. 2) Apakah garansi berpengaruh terhadap kepuasan konsumen Handphone pada WTC Banyuwangi 3) Apakah pendekatan etika bisnis Islam berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan Handphone pada WTC Banyuwangi 4) Apakah garansi berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan Handphone pada WTC Banyuwangi 5) Apakah kepuasan konsumen berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan Handphone pada WTC Banyuwangi. Hasil analisis menunjukkan variabel etika bisnis Islam berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen dengan (Standardized Coefficients) 0,652 bernilai positif. Variabel garansi berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen dengan (Standardized Coefficients) 0,203 bernilai positif. Variabel etika bisnis Islam berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan dengan (Standardized Coefficients) 0,645 bernilai positif. Variabel garansi berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan dengan (Standardized Coefficients)0,026 bernilai positif. Variabel kepuasan konsumen berpengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen, dengan (Standardized Coefficients) 0,297 bernilai positif.

Item Type: Thesis (Masters)
Divisions: Program Magister > Ekonomi Syariah
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 18 Nov 2022 09:16
Last Modified: 18 Nov 2022 09:16
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/15166

Actions (login required)

View Item View Item