Analisis Kesesuaian Materi Ajar dengan Standar Isi K.13 Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas VII di MTs Negeri 2 Jember

Dewi, Dianti Sosifa (2022) Analisis Kesesuaian Materi Ajar dengan Standar Isi K.13 Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas VII di MTs Negeri 2 Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Dianti Sosifa Dewi-T20181384.pdf

Download (7MB)

Abstract

Dianti Sosifa Dewi, 2022: Analisis Kesesuaian Materi Ajar dengan Standar Isi K.13 pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas VII di MTs Negeri 2 Jember.
Kata Kunci: Materi Ajar, Standar Isi, Akidah Akhlak

Penelitian ini dilatarbelakangi dari adanya aspek penting dalam buku teks pelajaran yaitu materi ajar. Penyajian materi ajar dalam buku teks pelajaran harus memenuhi standar yang telah ditetapkan oleh BSNP (Badan Standar Nasional Pendidikan), dimana materi yang baik hendaklah menempatkan siswa sebagai subjek pembelajaran, merangsang siswa untuk berfikir kreatif, dan bagaimana mempelajari materi untuk mengembangkan pengetahuan yang berkaitan dengan pengetahuan fakta, konsep, prinsip dan prosedur. Oleh karena itu, buku teks pelajaran hendaknya memiliki materi ajar yang benar, serta relevan dengan kaidah dan standar isi yang dikeluarkan oleh pemerintah sebagai implementasi dari kurikulum 2013.

Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah: Bagaimana kesesuaian materi ajar aspek fakta, aspek konsep, aspek prinsip, dan aspek prosedur dengan standar isi K.13 pada mata pelajaran akidah akhlak kelas VII di MTs Negeri 2 Jember. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: Kesesuaian materi ajar aspek fakta, aspek konsep, aspek prinsip, dan aspek prosedur dengan standar isi K.13 pada mata pelajaran akidah akhlak kelas VII di MTs Negeri 2 Jember.

Peneliti menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi pustaka (library research). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan studi dokumen. Adapun analisis data yang digunakan adalah analisis isi (content analisys). Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber.

Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa 1) Kesesuaian materi ajar aspek fakta dengan standar isi K.13 pada mata pelajaran akidah akhlak kelas VII sudah sesuai, dengan adanya 9 sub tema materi yang terbagi ke dalam 7 bab materi ajar yang memuat aspek fakta. 2) Kesesuaian materi ajar aspek konsep dengan standar isi K.13 pada mata pelajaran akidah akhlak kelas VII sudah sesuai, dengan adanya 18 sub tema materi yang terbagi ke dalam 8 bab materi ajar yang memuat aspek konsep. 3) Kesesuaian materi ajar aspek prinsip dengan standar isi K.13 pada mata pelajaran akidah akhlak kelas VII sudah sesuai, dengan adanya 8 sub tema materi yang terbagi ke dalam 5 bab materi ajar yang memuat aspek prinsip. 4) Kesesuaian materi ajar aspek prosedur dengan standar isi K.13 pada mata pelajaran akidah akhlak kelas VII sudah sesuai, dengan adanya 9 sub tema materi yang termuat dalam 5 bab materi ajar yang memuat aspek prosedur.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Dianti Sosifa Dewi
Date Deposited: 23 Nov 2022 03:39
Last Modified: 23 Nov 2022 03:39
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/15169

Actions (login required)

View Item View Item