Penerapan Problem Based Learning dalam Pembelajaran Fiqih pada Siswa Kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Tanwirul Mubtadiin Sukorejo, Pasuruan Tahun Pelajaran 2021/2022

Ulul, Izzah (2022) Penerapan Problem Based Learning dalam Pembelajaran Fiqih pada Siswa Kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Tanwirul Mubtadiin Sukorejo, Pasuruan Tahun Pelajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
ULUL IZZAH_T20181485.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penggunaan model problem based learning sangat cocok untuk diterapkan dalam mata pelajaran fiqih, karena dalam mata pelajaran fiqih hampir semua materinya mempunyai permasalahan dalam penerapannya. Dengan adanya model pembelajaran ini diharapkan siswa lebih aktif, kreatif serta dapat berpikir kritis sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai dan mampu untuk mengatasi masalah yang nyata dalam kehidupan sehari-hari.
Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana pelaksanaan Problem Based Learning dalam Pembelajaran Fiqih pada Siswa Kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Tanwirul Mubtadiin Sukorejo, Pasuruan Tahun Pelajaran 2021/2022?. 2) Bagaimana evaluasi Problem Based Learning dalam Pembelajaran Fiqih pada Siswa Kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Tanwirul Mubtadiin Sukorejo, Pasuruan Tahun Pelajaran 2021/2022?.
Tujuan Penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan bagaimana pelaksanaan Problem Based Learning dalam Pembelajaran Fiqih pada Siswa Kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Tanwirul Mubtadiin Sukorejo, Pasuruan Tahun Pelajaran 2021/2022. 2) Mendeskripsikan bagaimana evaluasi Problem Based Learning dalam Pembelajaran Fiqih pada Siswa Kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Tanwirul Mubtadiin Sukorejo, Pasuruan Tahun Pelajaran 2021/2022.
Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitiah lapangan (field research), menggunakan teknik pengumpulan data 1) Observasi 2) Wawancara 3) Dokumentasi. Pengujian keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan dua jenis triangulasi yaitu: 1) Triangulasi sumber 2) Triangulasi teknik. Analisi data dalam penelitian ini menggunakan teori milles and huberman yaitu 1) Kondensasi data 2) Penyajian data 3) Penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian dari Implementasi Problem Based Learning dalam Pembelajaran Fiqih pada siswa kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Tanwirul Mubtadiin Sukorejo Pasuruan Tahun Pelajaran 2021/2022 yaitu 1) pelaksanaan pembelajaran meliputi orientasi peserta didik terhadap masalah, melihat dan mengamati video, penjelasan guru, diskusi kelompok dan menganalisis masalah, presentasi hasil diskusi, umpan balik dari pendidik serta kesimpulan. 2) evaluasi pembelajaran meliputi penilaian pengetahuan, penilaian sikap, dan penilaian keterampilan. Dampak positif menggunakan model ini siswa lebih aktif, kreatif, mampu menyelesaikan masalah faktual di lapangan. Kelemahannya memerlukan waktu yang cukup lama. Hambatan dan kendala karena gaya belajar siswa yang berbeda, beberapa siswa kurang aktif saat diskusi kelompok.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Ulul Izzah
Date Deposited: 21 Nov 2022 01:06
Last Modified: 21 Nov 2022 01:06
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/15181

Actions (login required)

View Item View Item