Pengaruh Penerapan Pengelolaan Kelas Dengan Behavior Modification Approach Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII pada Pembelajaran IPS di SMP Negeri Sukorambi Tahun Pelajaran 2021/2022

Nurkhasanah, Liana Fitri (2022) Pengaruh Penerapan Pengelolaan Kelas Dengan Behavior Modification Approach Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII pada Pembelajaran IPS di SMP Negeri Sukorambi Tahun Pelajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
LIANA FITRI NURKHASANAH_T20189025.pdf

Download (5MB)

Abstract

Hasil belajar merupakan salah satu perwujudan dari kemampuan yang diperoleh siswa selama kegiatan pembelajaran. Hasil belajar yang rendah banyak dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti kurang semangatnya siswa dalam mengikuti pembelajaran dan juga kurangnya perhatian guru juga selama kegiatan pembelajaran berlangsung. Sehingga dari sini muncullah beberapa sikap atau perilaku siswa yang kurang baik. Untuk menyelesaikan permasalahan tersebut, maka diperlukan kerangka acuan pendekatan salah satunya adalah menggunakan Behavior modification approach. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah Terdapat0pengaruh Penerapan Pengelolaan Kelas dengan Behavior Modification Approach Terhadap0hasil Belajar Siswa Kelas VII Pada Pembelajaran0IPS di SMP0Negeri Sukorambi tahun pelajaran 2021/2022?”. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji ada tidaknya pengaruh pengelolaan kelas dengan behavior modification approach terhadap0hasil belajar siswa0kelas VII pada0pembelajaran IPS di SMP negeri Sukorambi tahun pelajaran 2021/2022. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi0Experimental Design atau eksperimen0semu yang memiliki kelompok kontrol dan eksperimen, dan Desain penelitian yang digunakan adalah menggunakan desain Eksperimen0nonequivalen control group0design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII. dan sampel penelitian yaitu kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII C sebagai kelas kontrol. Penentuan sample ini menggunakan Purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi berupa nilai pre test dan nilai post test. Analisis data yang digunakan menggunakan Independent sample T-Test dengan bantuan aplikasi SPSS for Windows 20. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari pengujian uji hipotesis dengan menggunakan uji independent sample T-test diperoleh nilai sig(2-tailed) sebesar 0,000. Hal ini menunjukan bahwa nilai sig (2-Tailed) < 0,05. sehingga hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Yang artinya bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari pengelolaan kelas menggunakan Behavior Modification Approach terhadap hasil belajar siswa kelas VII pada pembelajaran IPS di SMP Negeri Sukorambi tahun pelajaran 2021/2022.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130108 Technical, Further and Workplace Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Liana Fitri Nurkhasanah
Date Deposited: 21 Nov 2022 01:00
Last Modified: 21 Nov 2022 01:00
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/15186

Actions (login required)

View Item View Item