Penggunaan Metode Tutor Sebaya Pada Pembelajaran Kaligrafi Arab di ICIS (Institute of Culture and Islamic Studies) UIN Kiai Haji Achmad Siddiq jember

Afkarina, Salis Raudhatul (2022) Penggunaan Metode Tutor Sebaya Pada Pembelajaran Kaligrafi Arab di ICIS (Institute of Culture and Islamic Studies) UIN Kiai Haji Achmad Siddiq jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
T20181203 Salis R A wtrmk.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK
Salis Raudhatul Afkarina, 2022: Penggunaan Metode Tutor Sebaya Pada Pembelajaran Kaligrafi Arab di ICIS (Institute of Culture and Islamic Studies) UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Kata Kunci : Metode Tutor Sebaya, Pembelajaran Kaligrafi Arab.
Pembelajaran kaligrafi arab adalah kesenian islam yang merupakan suatu ilmu menulis indah yang diambil dari ayat, hadis, syair dan lainnya yang di tuliskan dalam bahasa arab dengan kaidah penulisan kaligrafi. Dalam pembelajaran tentunya memerlukan metode yang tepat agar pembelajaran dapat berjalan efektif. Salah satu metode yang dapat digunakan adalah metode tutor sebaya seperti yang ada di ICIS UIN KH. Achmad Siddiq Jember. Fenomena ini cukup menarik karena pembelajaran kaligrafi di ICIS ini murid tidak hanya belajar menulis kaligrafi tetapi mereka juga dibekali ilmu untuk mengajar teman sebayanya, selain itu murid juga dapat belajar dengan nyaman, tanpa rasa takut atau malu untuk bertanya dengan tutor sebayanya.
Fokus penelitian ini adalah: Bagaimana tujuan, langkah-langkah, materi, media serta evaluasi pembelajaran kaligrafi arab dengan metode tutor sebaya di ICIS UIN KH. Achmad Siddiq Jember?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tujuan, langkah-langkah, materi, media serta evaluasi pembelajaran kaligrafi arab dengan metode tutor sebaya di ICIS UIN KH. Achmad Siddiq Jember.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian lapangan (field researce). Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan telaah dokumen. Teknik analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk pengujian keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil dari penelitian ini adalah: Pertama, tujuan penggunaan metode tutor sebaya adalah meningkatkan pemahaman materi, Sebagai media pembelajaran agar lebih menyenangkan, melatih kepercayaan diri serta belajar bertanggung jawab, membantu teman dalam pembelajaran, belajar bersosialisasi dan menghargai orang lain. Kedua, Langkah-langkah metode tutor sebaya adalah menentukan tutor sebaya dan membagi kelompok, melaksanakan pembelajaran sesuai tingkatan materi masing-masing, tutor sebaya mengoreksi tugas tulisan murid. Ketiga, Materi pembelajaran dengan metode tutor sebaya adalah materi tahsin kitabah i’tiyadiyah dan materi khat meliputi: khat riq’ah, khat maghribi, khat diwani, khat diwani jali, khat naskhi, khat ta’liq, khat kufi dan khat tsulust. Selain itu terdapat materi pewarnaan sebagai materi tambahan. Keempat, Media pembelajaran metode tutor sebaya yaitu menggunakan buku panduan, modul, aplikasi, foto karya, kertas kinstrik, tinta dan handam. Kelima, Evaluasi pembelajaran dengan metode tutor sebaya menggunakan tes tugas akhir dengan membuat karya hilyah syarifah, Hasil evaluasi yaitu metode yang digunakan cukup efektif, terbukti dengan perkembangan tulisan murid yang meningkat, banyaknya anggota yang telah menyelesaikan materi dan anggota yang berprestasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Salis Raudhatul Afkarina
Date Deposited: 23 Nov 2022 03:35
Last Modified: 23 Nov 2022 03:35
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/15198

Actions (login required)

View Item View Item