Penerapan Model Pembelajaran Artikulasi pada Mata Pelajaran IPS Kelas VII di SMPN 3 Rambipuji Tahun Pelajaran 2021/2022

Nurhanifah, Siti (2022) Penerapan Model Pembelajaran Artikulasi pada Mata Pelajaran IPS Kelas VII di SMPN 3 Rambipuji Tahun Pelajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SITI NURHANIFAH_T20189026.pdf

Download (3MB)

Abstract

Permasalahan yang ditemukan dalam pembelajaran yaitu siswa itu cenderung pasif selama mengikuti proses pembelajaran di kelas dan keaktifan siswa masih rendah terutama pada mata pelajaran IPS, Model pembelajaran yang masih bersifat tradisional atau berpusat pada guru menjadikan siswa mudah jenuh dan bosan sehingga mempengaruhi pemahaman siswa. Oleh karena itu pembelajaran perlu di buat lebih bervariasi dari yang sebelumnya masih berpusat pada guru menjadi pembelajaran yang lebih aktif. Salah satu model pembelajaran yang di rasa tepat dijadikan sebagai solusi untuk mengatasi permasalahan diatas yaitu guru menerapkan model pembelajaran artikulasi pada mata pelajaran IPS. Model pembelajaran artikulasi yaitu model pembelajaran yang prosesnya seperti pesan berantai, artinya apa yang telah diberikan oleh guru, siswa wajib meneruskan menjelaskannya kepada pasangan kelompoknya. Skil pemahaman sangat diperlukan dalam model pembelajaran ini, dalam pelaksanaannya siswa dibagi kedalam kelompok kecil berpasangan dan salah satu siswa bertugas menyampaikan materi kemudian keduanya berganti peran.
Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini yaitu: 1) Bagaimana langkah-langlah pelaksanaan model pembelajaran artikulasi pada mata pelajaran IPS Kelas VII di SMPN 3 Rambipuji tahun pelajaran 2021/2022? 2) Apa saja faktor pendukung dan faktor penghambat penerapan model pembelajaran artikulasi pada mata pelajaran IPS kelas VII di SMPN 3 Rambipuji tahun pelajaran 2021/2022?. Tujuan dari penelitian ini adalah : 1) Mendeskripsikan langkah-langkah pelaksanaan model pembelajaran artikulasi pada mata pelajaran IPS kelas VII di SMPN 3 Rambipuji Tahun Pelajaran 2021/2022. 2) Mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat penerapan model pembelajaran artikulasi pada mata pelajaran IPS di SMPN 3 Rambipuji kelas VII Tahun Pelajaran 2021/2022.
Pendekatan yang di gunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model interaktif Miles dan Hubermen yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajia data dan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Kesimpulan dalam penelitian ini yaitu: 1)langkah-langkah pelaksanaan model pembelajaran artikulasi pada mata pelajaran IPS yaitu guru menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai, guru menyampaikan materi pembelajaran, guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok berpasangan, guru menugaskan salah satu dari setiap pasangan kelompok untuk menjelaskan kembali materi kepada pasangan kelompoknya kemudian keduanya berganti peran, guru menugaskan siswa secara bergantian untuk maju kedepan menyampaikan hasil diskusi kelompok, guru menyampaikan kembali materi yang belum dipahami siswa, guru menutup pembelajaran. 2) faktor pendukung dan faktor penghambat dalam pelaksanaan model pembelajaran artikulasi pada mata pelajaran IPS kelas VII di SMPN 3 Rambipuji yaitu: faktor pendukung penerapan model pembelajaran artikulasi diantaranya fasilitas yang memadai, hubungan yang baik antara guru dan siswa, dan lingkungan belajar yang mendukung. Faktor penghambat antara lain minat, sikap atau perilaku yang berbeda, dan perbedaan motivasi serta kecerdasan pada siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Siti Nurhanifah
Date Deposited: 22 Nov 2022 01:50
Last Modified: 22 Nov 2022 01:50
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/15212

Actions (login required)

View Item View Item