Internalisasi Nilai Akhlaq Untuk Mengembangkan Kepribadian Santri Mantan Pengguna Narkoba di Pondok Pesantren Metal Muslim Al-Hidayah Kecamatan Rejoso Kabupaten Pasuruan dan Pondok Pesantren Sirojul Munir Kecamatan Bangsalsari Kabupaten Jember.

Umam, Mahrus Zainul (2022) Internalisasi Nilai Akhlaq Untuk Mengembangkan Kepribadian Santri Mantan Pengguna Narkoba di Pondok Pesantren Metal Muslim Al-Hidayah Kecamatan Rejoso Kabupaten Pasuruan dan Pondok Pesantren Sirojul Munir Kecamatan Bangsalsari Kabupaten Jember. Doctoral thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
disertasi mahrus zainul umam watermark.pdf

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK
Mahrus Zainul Umam, 2022. Internalisasi Nilai Akhlaq Untuk Mengembangkan Kepribadian Santri Mantan Pengguna Narkoba di Pondok Pesantren Metal Muslim Al-Hidayah Kecamatan Rejoso Kabupaten Pasuruan dan Pondok Pesantren Sirojul Munir Kecamatan Bangsalsari Kabupaten Jember.
Disertasi. Program Doktor Studi Pendidikan Agama Islam Pascasarjana Universitas Islam Negeri KH Achmad Siddiq Jember. Promotor: Prof. Dr. H. Abd. Halim Soebahar, M.A. Co-Promotor: Dr. H. Mundir, M.Pd.

Kata kunci: Internalisasi, Nilai Akhlaq dan Kepribadian Santri
Akhlak dalam Islam merupakan salah satu aspek yang sangat penting bagi kehidupan manusia. Dengan akhlak kehidupan dimuka bumi ini dapat berjalan dengan baik dan sejalan seperti yang diinginkan. Oleh kerena itu perlu adanya internalisasi nilai akhlak untuk mengantisipasi perubahan budaya dan rusaknya generasi bangsa.
Berdasarkan latar belakang tersebut, maka fokus penelitian ini adalah Bagaimana Proses, Strategi dan Implikasi Internalisasi Nilai Akhlak dalam Mengembangkan Kepribadian Santri Mantan Pengguna Narkoba di Pondok Pesantren Metal Muslim Al-Hidayah Kecamatan Rejoso Kabupaten Pasuruan dan Pondok Pesantren Sirojul Munir Kecamatan Bangsalsari Kabupaten Jember?
Tujuan penelitian ini adalah Untuk Menganalisis dan Menemukan Proses, Strategi dan Implikasi Internalisasi Nilai Akhlak dalam Mengembangkan Kepribadian Santri Mantan Pengguna Narkoba di Pondok Pesantren Metal Muslim Al-Hidayah Kecamatan Rejoso Kabupaten Pasuruan dan Pondok Pesantren Sirojul Munir Kecamatan Bangsalsari Kabupaten Jember.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Analisis data menggunakan kualitatif fenomenologi yang dibagi menjadi tiga komponen- komponen: kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data yang digunakan yaitu triangulasi sumber dan waktu. Ada tiga tahapan pokok dalam penelitian kami yaitu: pertama, tahap pra lapangan. Kedua, tahap kegiatan lapangan, Ketiga, tahap analisis data meliputi kegiatan mengelola dan mengorganisir data yang diperoleh melalui observasi wawancara dan dokumentasi kemudian dilakukan penafsiran data sesuai dengan konteks permasalahan yang diteliti.
Kesimpulan disertasi ini bahwa Internalisasi Nilai Akhlak dalam Mengembangkan Kepribadian Santri Mantan Pengguna Narkoba di Pondok Pesantren Metal Muslim Al-Hidayah Kecamatan Rejoso Kabupaten Pasuruan dan Pondok Pesantren Sirojul Munir Kecamatan Bangsalsari Kabupaten Jember adalah 1) Proses internalisasi nilai akhlak yakni dengan melaksanakan sholat berjamaah, puasa senin kamis dan istiqomah membaca dzikir serta mengaji kitab, 2) Pelaksanaan strategi internalisasi nilai akhlak melalui keteladanan, pembiasaan, pemberian nasihat, pemberian janji dan ancaman, dan 3) Implikasi internalisasi nilai akhlak terhadap santri adalah menumbuhkan semangat beribadah dan infaq shodaqoh, memiliki sikap sopan santun terhadap orang lain, menumbuhkan sikap peduli dan empati terhadap orang lain, menghargai setiap perbedaan, dan memiliki sikap kepemimpinan santri dalam bergotong royong.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130199 Education systems not elsewhere classified
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220405 Religion and Society
Divisions: Program Doktoral > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mr. Mahrus Zainul Umam
Date Deposited: 22 Nov 2022 01:01
Last Modified: 22 Nov 2022 01:01
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/15214

Actions (login required)

View Item View Item