Strategi Digital Marketing Melalui Media Instagram Dan Tiktok Pada Produk Fashion Di Butik Dot.Id Jember

Nur Rafidah, Nathania (2022) Strategi Digital Marketing Melalui Media Instagram Dan Tiktok Pada Produk Fashion Di Butik Dot.Id Jember. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Nathania Nur Rafidah_E20182035.pdf.pdf
Restricted to Registered users only until 5 April 2025.

Download (3MB)

Abstract

Nathania Nur Rafidah, M.F.Hidayatullah, 2022: Strategi Digital Marketing Melalui Media Instagram dan Tiktok Pada Produk Fashion Di Butik Dot.Id Jember.

Digital Marketing adalah kegiatan pemasaran produk/jasa menggunakan sarana jejaring internet/Online, yang dapat menjangkau interaksi dengan konsumen, spesifiknya Strategi Digital Marketing yaitu cara yang digunakan untuk mencapai tujuan marketing melalui pemanfaatan teknologi digital, data yang berkaitan dengan komunikasi aktivitas beriklan berbasis digital. Sedangkan Instagram dan Tiktok merupakan salah satu media Aplikasi Digital berbasis foto dan video, saat ini semakin populer digunakan oleh pelaku usaha sebagai kegiatan pemasaran produk. Fenomena ini tidak asing digunakan oleh pelaku bisnis yang beralih menjadi Digital salah satunya Butik Dot.id Jember.
Fokus penelitian dalam skripsi ini yaitu: 1) Bagaimana Strategi Digital marketing melalui media Instagram dan Tiktok pada produk fashion di Butik Dot.id Jember? 2) Apa saja benefit/ keuntungan strategi Digital Marketing melalui media instagram dan tiktok pada produk fashion di Butik Dot.id Jember?
Tujuan penelitian ini yaitu: 1) Untuk mengetahui Strategi Digital Marketing melalui media Instagram dan Tiktok pada produk fashion di Butik Dot.id Jember 2) Untuk mengetahui Benefit/keuntungan dengan menggunakan strategi Digital marketing melalui Media Instagram dan Tiktok pada produk fashion di Butik Dot.id Jember.
Metode yang peneliti gunakan yaitu metode Deskriptif Kualitatif dan jenis penelitian ini bersifat penelitian lapangan (field research). Penentuan informan ini peneliti menggunakan Purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber.
Kesimpulan pada penelitian ini yaitu 1) Staretgi Digital marketing yang dilakukan Dot.id ini promosi berbasis foto dan video melalui fitur media Instagram dan Tiktok seperti Instagram Stories, Instagram Reels, Live Instagram, Tiktokshop, konten video Tiktok dan juga ditunjang dengan Endorsement, sistem diskon dan giveaway, dan menggunakan Business Model Canvas. 2) Benefit yang didapatkan di Dot.id dengan menggunakan Strategi Digital Marketing yaitu lebih efektif dan efisien dibandingkan dengan pemasaran konvensional, peningkatan pendapatan, serta terjadinya feedback atau umpan balik dengan konsumen melalui media Digital.

Kata kunci: Digital marketing, Instagram dan Tiktok.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140102 Macroeconomic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Nathania Nur Rafidah
Date Deposited: 23 Nov 2022 03:17
Last Modified: 05 Apr 2023 07:34
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/15220

Actions (login required)

View Item View Item