Pengaruh kualitas produk, harga, dan word of mouth terhadap minat beli konsumen warung Es Batik Ibu Bayana di desa bulubrangsi kecamatan Laren kabupaten Lamongan

Himatul Aliyah, Firda (2022) Pengaruh kualitas produk, harga, dan word of mouth terhadap minat beli konsumen warung Es Batik Ibu Bayana di desa bulubrangsi kecamatan Laren kabupaten Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI FIRDA HIMMATUL ALIYAH 2022 WATERMARK.pdf

Download (2MB)

Abstract

Firda Himatul Aliyah, Rini Puji Astuti, S.Kom., M.Si. 2022: ‘’Pengaruh Kualitas Produk, harga, dan Word Of Mouth Terhadap Minat Beli Konsumen Warung Es Batil Ibu Bayana Di Desa Bulubrangsi Kecamatan Laren kabupaten Lamongan’’
Bisnis kuliner menjadi salah satu bentuk bisnis yang menjanjikan. Banyak jenis makanan bermunculan dengan ragam kreatifitas untuk menarik konsumen. Biasanya, wirausahawan mengkreasikan makanan yang dijual agar menarik dan memiliki cita rasa yang khas sehingga mempunyai nilai jual yang tinggi. Dengan banyaknya usaha usaha baru yang menawarkan berbagai macam produk serupa dengan harga yang lebih rendah menimbulkan persaingan yang ketat untuk meningkatkan penjualan. Maka dari itu, meningkatkan kualitas produk merupakan hal yang harus dilakukan agar dapat menarik minat calon konsumen dan meningkatkan jumlah pembelian. Minat beli berhubungan dengan perasaan dan emosi, bila seseorang merasa senang dan puas dalam membeli barang atau jasa maka hal itu akan memperkuat minat beli, ketidakpuasan biasanya menghilangkan minat. Minat yang muncul dalam melakukan pembelian menciptakan suatu motivasi yang terus terekam dalam benaknya dan menjadi suatu kegiatan yang sangat kuat, yang pada akhirnya ketika seorang konsumen harus memenuhi kebutuhanya akan mengaktualisasikan apa yang ada dalam benaknya itu
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: a) apakah kualitas produk berpengaruh secara parsial terhadap minat beli konsumen warung Es Batil Ibu Bayana di Desa Bulubrangsi kecamatan Laren kabupaten Lamongan. b) apakah harga berpengaruh secara parsial terhadap minat beli konsumen warung Es Batil Ibu Bayana di Desa Bulubrangsi kecamatan Laren kabupaten Lamongan. c) apakah word of mouth berpengaruh secara parsial terhadap minat beli konsumen warung Es Batil Ibu Bayana di Desa Bulubrangsi kecamatan Laren kabupaten Lamongan d) apakah kualitas produk, harga, dan word of mouth berpengaruh secara simultan terhadap minat beli konsumen warung Es Batil Ibu Bayana di Desa Bulubrangsi kecamatan Laren kabupaten Lamongan
Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Dengan jenis penelitian field research ( penelitian lapangan). Kualitas produk, harga, dan word of mouth diukur dengan cara menyebar kuisioner kepada 161 pelanggan dan menggunakan Teknik non probability sampling tepatnya accidental sampling . Adapun analisis data kuantitatif yang digunakan meliputi Uji Instrumen penelitian atau uji kualitas data (Validitas, reliabilitas), Uji Asumsi Klasik ( Uji Normalitas, Uji Multikolinearitas, dan Uji Heteroskedastisitas), Uji Regresi Linier Berganda, Uji Koefisien Determinasi R2, dan Uji Hipotesis ( Uji T dan Uji F).
Penelitian ini memperoleh kesimpulan : 1) Kualitas produk berpengaruh terhadap minat beli konsumen Warung Es Batil Ibu Bayana ,2) Harga berpengaruh terhadap minat beli konsumen warung Es Batil Ibu Bayana, 3) Word Of Mouth berpengaruh terhadap minat beli konsumen warung Es Batil Ibu Bayana, dan 4) kualitas produk, harga, dan Word Of Mouth berpengaruh secara simultan terhadap minat beli konsumen Warung Es Batil Ibu Bayana.

Kata kunci: Kualitas produk, Harga, Word Of Mouth, dan Minat Beli.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140101 History of Economic Thought
14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140103 Mathematical Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: MS Firda Himatul Aliyah
Date Deposited: 23 Nov 2022 03:10
Last Modified: 23 Nov 2022 03:10
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/15227

Actions (login required)

View Item View Item