Sejarah Perkembangan Kopi Dalam Kehidupan Masyarakat Muslim Di Kabupaten Bondowoso Tahun 2009-2020

Muhammad, Habiburrahman (2022) Sejarah Perkembangan Kopi Dalam Kehidupan Masyarakat Muslim Di Kabupaten Bondowoso Tahun 2009-2020. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
Muhammad Habiburrahman_U20184007.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Muhammad Habiburrahman 2022, Sejarah Perkembangan Kopi Dalam Kehidupan Masyarakat Muslim di Kabupaten Bondowoso.

Penelitian ini memiliki latar belakang bahwa Perkembangan Kopi Bondowoso dapat mempengaruhi Masyarakat Muslim di Kabupaten Bondowoso. Yang bermula kopi sampai ke indonesia di bawa oleh kolonial belanda yang sampai pertama di Batavia (Jakarta) tahun 1696 hingga sampai ke daerah- daerah seperti Jawa Tengah, Jawa Timur dan lain sebagainya, hinggga sampai ke Kabupaten Bondowoso yang menjadi salah satu penghasil kopi berkualis di Indonesia, selain itu juga bermanfat bagi masyarakat muslim Kabupaten Bondowoso lebih khusunya yang berada di dataran tinggi Ijen dan juga Raung. Terkenalnya Bondowoso bukan hanya masyarakatnya saja akan tetapi juga dari lembaga Kepemerintahan juga berkembang sangat pesat hingga Bondowoso di kenal sebagai Bondowoso Republik Kopi yang sudah terkenal ke nasional dan internasional.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana Sejarah perkembangan Kopi Di Daerah Kabupaten Bondowoso? 2) Bagaimana Pengaruh Kopi Dalam Kehidupan Masyarakat Muslim Di Kabupaten Bondowoso? 3) Bagaimana Respon Masyrakat Muslim Terhadap Kebijakan Pemerintah Dengan Menetapkan Identitas Bondowoso Sebagai Republik Kopi?.
Tujuan dari penelitian ini yaitu: 1) Untuk Mendeskripsikan Sejarah Perkembangan Kopi Di Kabupaten Bondowoso. 2) Untuk Mendeskripsikan Pengaruh Kopi Dalam Keidupan Masyarakat Muslim Di Boondowoso. 3) Untuk Mendeskripsikan Sejarah Perkembangan Kopi Dalam Kehidupan Masyarakat Muslim Bondowoso.
Peneliti ini menggunakan Metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian historis. Dengan Teknik pengumpulan data yang di gunakan adalah Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi.
Penelitian mempunyai simpulan bahwa 1) Pengembangan kopi di Kabupaten Bondowoso mulai di lakukan pada tahun 2010 dan sukses sampai saat ini bahkan sampai Bondowoso mendeklarasikan Bondowoso Republik Kopi karena dari saat pengembangan tersebut Kopi Bondowoso terbukti berkualitas. 2) Kopi sangat berpengaruh untuk masyarakat di Kabupaten Bondowoso lebih khusus bagi masyarakat muslim di dataran tinggi Ijen dan Raung, contohnya bisa di liat dari faktor ekonomi yang meningkat, faktor social budaya berpengaruh dan lain sebagainya. 3) Respon dari masyarakat terkait Bondowoso di deklarasikan sebagai Republik Kopi lebih setuju karena pemanfaatannya sudah jelas dan juga meskipun kopi Bondowoso di eksplor tetapi itu tidak banyak, masih di sisakan untuk masyarakat Bondowoso sendiri agar bisa juga merasakan dan mencicipi kopi yang berkaulitas dari tanah sendiri. Apalagi terhadap petani kopi nya sendiri pastinya sangat mendukung pemerintah dalam pendeklarasian Bondowoso Republik Kopi karena selain berpengarus dari ekonomi masyarakat lebih khususnya masyarakat muslim juga berpengarus terhadap Desa dan Kecamatan penghasil kopi tersebut yang semakin di kenal Indonesia dan juga manca negara.

Kata Kunci: Bondowoso Republik Kopi, Masyarakat Muslim Bondowoso.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 21 HISTORY AND ARCHAEOLOGY > 2102 Curatorial and Related Studies > 210201 Archival, Repository and Related Studies
21 HISTORY AND ARCHAEOLOGY > 2102 Curatorial and Related Studies > 210202 Heritage and Cultural Conservation
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab dan Humaniora > Sejarah Peradaban Islam
Depositing User: Muhammad Habiburrahman
Date Deposited: 28 Nov 2022 08:03
Last Modified: 28 Nov 2022 08:03
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/15233

Actions (login required)

View Item View Item