Analisis Nilsi Eskatologi Dalam Surah AL-Takwir (Pendekatan Teori Double Movement Fazlur Rahman)

Mochammad, Rifqi Rahman (2022) Analisis Nilsi Eskatologi Dalam Surah AL-Takwir (Pendekatan Teori Double Movement Fazlur Rahman). Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
Mochammad Rifqi Rahman_U20171006.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Moch Rifqi Rahman, 2022 : Analisis Nilai Eskatlogi Dalam Surat Al-Takwir (Pendekatan Teori Double Movement Fazlur Rahman)

Kata Kunci : Eskatologi, Al-Takwir
Eskatologi merupakan sebuah doktrin yang membahas mengenai keyakinan dan kejadian-kejadian akhir hidup manusia. Seperti : kematian, hari kiamat, kebangkitan kembali, pengadilan akhir, Surga dan neraka dan lain sebagainya. Dalam istilah Islam, Eskatologi bisa disebut dengan Ma’ad yaitu hari kebangkitan manusia dari alam kubur untuk menjalani perhitungan amal pada hari kiamat nanti.
Al-Qur’an banyak sekali memuat berbagai macam gambaran mengenai kejadian hari kiamat. Serta, penjelasan mengenai kehidupan sesudahnya. Salah satu surat yang membahas mengenai kejadian tersebut ialah surat Al-Takwir. di dalam surat Al-Takwir digambarkan betapa dahsyatnya peristiwa hari kiamat dan keadaan manusia ketika sedang diperlihatkan seluruh catatan Amal perbuatannnya pada saat dibangkitkan dari Alam kubur.
Penelitian ini memfokuskan pada beberapa hal, ialah : Pertama, Bagaimana Nilai esaktologi dalam surah Al-Takwir?, Kedua, Bagaimana Konteks Historis Nilai eskatologi Surah Al-Takwir?, dan Ketiga, Bagaimana Kontkstualisasi nilai eskatologi Surah Al-Takwir?. Tujuan dari penelitian ini ialah : (1) Mendeskripsikan nilai eskatologi dalam surah Al-Takwir, (2) Mendeskripsikan konteks historis nilai eskatologi surah Al-Takwir, (3) Mendeskripsikan Kontkstualisasi dari Nilai eskatologi dalam Surah Al-Takwir.
Dalam melakukan penelitian ini metode pengumpulan data yang dilakukan oleh penulis ialah dengan menggunakan metode dokumentasi, dengan cara mencari data-data yang relevan dengan penelitian ini baik bersumber dari Ayat Al-Qur’an, Kitab tafsir, buku, jurnal, artikel dan yang lainnya. Selain dengan metode diatas. Penelitian ini juga di lakukan dengan metode tematik yakni dengan mengumpulkan ayat ayat tentang eskatologis. Metode penafsiran tematik ini adalah upaya untuk memahami ayat-ayat Al-Quran dengan memfokuskan pada tema yang telah ditetapkan dengan mengkaji secara serius tentang ayat-ayat yang terkait dengan tema tersebut. Hal yang dapat disimpulkan dari penelitian ini ialah. Pertama : Pembahasan mengenai Nilai eskatologi yang terdapat dalam surah Al-Takwir dapat diklasifikasikan menjadi empat pembahasan yaitu: Peristiwa terjadinya Hari kiamat, Hari kebangkitan, Hari perhitungan Amal, Surga dan Neraka. Kedua : secara historis, konteks eskatologi yang terdapat dalam surah Al-Takwir ialah seruan untuk meningkatkan kepedulian terhadap persoalan Ukhrowi dan meninggalkan hal-hal yang cenderung mengantarkan terhadap hal yang bersifat duniawi. Ketiga : Implikasi dari pemahaman terhadap Nilai eskatologi sebagai upaya untuk tetap meningkatkan Keimanan manusia untuk dan mendorong untuk menyeimbangkan antara persoalan Duniawi dan Ukhrowi serta untuk tetap berperilaku positif atas segala yang dilakukan selama hidup di dunia.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2203 Philosophy > 220307 Hermeneutic and Critical Theory
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2203 Philosophy > 220309 Metaphysics
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab dan Humaniora > Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir
Depositing User: Mr Mochammad Rifqi Rahman
Date Deposited: 23 Nov 2022 02:54
Last Modified: 23 Nov 2022 02:54
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/15234

Actions (login required)

View Item View Item