STRATEGI PEMASARAN PEMBIAYAAN MITRAGUNA MELALUI BSI MOBILE PADA BANK SYARIAH INDONESIA KCP LAMONGAN WAHIDIN

Indahwati, Ayu (2022) STRATEGI PEMASARAN PEMBIAYAAN MITRAGUNA MELALUI BSI MOBILE PADA BANK SYARIAH INDONESIA KCP LAMONGAN WAHIDIN. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
AYU INDAHWATI_E20181040.pdf
Restricted to Registered users only until 5 April 2025.

Download (3MB)

Abstract

Bank Syariah Indonesia KCP Lamongan Wahidin merupakan Bank
Syariah yang menjalankan kegiatan usaha berdasarkan dengan prinsip syariah atau
prinsip hukum Islam yang diatur dalam fatwa Majelis Ulama Indonesia. Bank ini
menjalankan pembiayaan Mitraguna melalui BSI Mobile.
Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi adalah: 1) Bagaimana strategi
pemasaran dalam meningkatkan jumlah nasabah pembiayaan mitraguna melalui
BSI Mobile pada Bank Syariah Indonesia KCP Lamongan Wahidin? 2)
Bagaimana kendala dan solusi yang dihadapi dalam menerapkan strategi
pemasaran pembiayaan mitraguna melalui BSI Mobile pada Bank Syariah
Indonesia KCP Lamongan Wahidin?
Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui strategi pemasaran
dalam meningkatkan jumlah nasabha pembiayaan mitraguna melalui BSI Mobile
pada Bank Syariah KCP Lamongan Wahidin. 2) Untuk mengetahui kendala dan
solusi yang dihadapi dalam menerapkan strategi pemasaran pembiayaan
mitraguna melalui BSI Mobile pada Bank Syariah Indonesia KCP Lamongan
Wahidin.
Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif bersifat
deskriptif dengan jenis penelitian lapangan (field research), subyek penelitian
menggunakan teknik purposive, kemudian teknik pengumpulan data
menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Selanjutnya untuk
keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil dari penelitian tersebut adalah: 1) Strategi pemasaran dalam
meningkatkan jumlah nasabah pembiayaan mitraguna melalui BSI Mobile pada
Bank Syariah Indonesia KCP Lamongan Wahidin dilakukan dengan bauran
pemasaran 7P yaitu produk (product), harga (price), tempat (place), promosi
(promotion), orang-orang (people), bukti fisik (physical evidence) dan proses
(processes). 2) Kendala dan solusi yang dihadapi dalam menerapkan strategi
pemasaran pembiayaan mitraguna dua faktor yaitu: a) Faktor internal yaitu proses
pengajuan produk terhambat, pemasaran produk saat itu terhambat oleh covid-19.
Solusinya dengan menggunakan aplikasi BSI Mobile dan pemasaran produk bisa
dilakukan secara online melalui media sosial. b) Faktor eksternal dikarenakan
covid-19 menahan diri untuk pergi melakukan pembiayaan langsung ke Bank dan
adanya nasabah canggung pertama kalinya melakukan pembiayaan di Bank
Syariah Indonesia. Solusinya dengan menggunakan aplikasi BSI Mobile, dengan
fasilitas tanpa agunan, selain itu calon nasabah mitraguna online tidak perlu
datang ke Bank, proses approval yang mudah dan cepat, serta princing yang
kompetitif dan aman sesuai prinsip Syariah. Dan melakukan sosialisasi pada saat
pemasaran produk offline dengan pemahaman yang kreatif dan inovatif agar
mudah dipahami oleh para nasabah.
Kata Kunci: BSI Mobile, Pembiayaan, Strategi Pemasaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140207 Financial Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Ms Ayu Indahwati
Date Deposited: 23 Nov 2022 02:50
Last Modified: 05 Apr 2023 07:33
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/15236

Actions (login required)

View Item View Item