RESILIENSI PSIKOLOGIS PEREMPUAN YANG MENGALAMI KEKERASAN DALAM BERPACARAN (STUDI KASUS PADA MAHASISWA UNIVERSITAS ISLAM NEGERI K.H ACHMAD SIDDIQ JEMBER)

Riyadi, Syaidah (2022) RESILIENSI PSIKOLOGIS PEREMPUAN YANG MENGALAMI KEKERASAN DALAM BERPACARAN (STUDI KASUS PADA MAHASISWA UNIVERSITAS ISLAM NEGERI K.H ACHMAD SIDDIQ JEMBER). Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri K.H Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Skripsi Syaidah (Psikologi Islam).pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
Syaidah, 2022 : Resiliensi Psikologis Perempuan yang Mengalami Kekerasan dalam Berpacaran (Studi Kasus pada Mahasiswa Universitas Islam Negeri K.H Achmad Siddiq Jember).
Kata kunci : resiliensi psikologis, kekerasan dalam berpacaran, perempuan
Mahasiswa yang berpacaran dengan harapan mendapat motivasi dari pasangan, namun faktanya mahasiswa tersebut mendapat tindakan kekerasan dari pasangan yang berupa kekerasan psikologis, fisik, ekonomi, dan seksual. Namun mahasiswa yang mengalami tindak kekerasan memiliki kemampuan untuk bangkit dari keterpurukan, kemampuan tersebut dinamakan resiliensi. Terdapat faktor kemampuan resiliensi, yaitu regulasi emosi, pengendalian impuls, optimisme, analisis penyebab masalah, empati, efikasi diri, dan reaching out.
Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah : 1) Bagaimana bentuk kekerasan dalam berpacaran yang dialami oleh mahasiswa Universitas Islam Negeri K.H Achmad Siddiq Jember? 2) Bagaimana gambaran resiliensi psikologis perempuan yang mengalami kekerasan dalam berpacaran yang terjadi di Universitas Islam Negeri K.H Achmad Siddiq Jember?

Tujuan penelitian ini adalah : 1) untuk mengetahui bagaimana bentuk kekerasan dalam berpacaran yang dialami oleh mahasiswa Universitas Islam Negeri K.H Achmad Siddiq Jember. 2) untuk mengetahui gambaran resiliensi psikologis perempuan yang mengalami kekerasan dalam berpacaran yang terjadi di Universitas Islam Negeri K.H Achmad Siddiq Jember ?

Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif, menganalisis gambaran resiliensi psikologis setelah mengalami kekerasan dalam berpacaran. Subyek dalam penelitian ini yaitu 4 mahasiswa di Universitas Islam Negeri K.H Achmad Siddiq Jember. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan wawancara semiterstruktur, observasi partisipatif, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan 1) kekerasan yang dialami oleh mahasiswa saat menjalani hubungan pacaran yakni; kekerasan psikologis seperti sikap posesif, cemburu atau curiga secara berlebihan, dibentak atau dimarahi. Kekerasan fisik seperti dipukul, dicubit, ditampar, dan menggenggam atau menarik tangan. Kekerasan ekonomi seperti dimanfaatkan dalam segi keuangan. Kekerasan seksual seperti dipaksa untuk melakukan kegiatan seksual.2) gambaran resiliensi psikologis perempuan yang mengalami kekerasan dalam berpacaran ditunjukkan dengan perilaku, seperti melakukan banyak aktifitas, menjadi percaya diri, dapat bersosialisasi dengan baik, memiliki harapan sukses untuk masa depan. Sedangkan gambaran perempuan yang tidak resiliensi ditunjukkan dengan perilaku, tidak percaya diri, dan tidak mampu mengatasi masalah yang menimpanya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170106 Health, Clinical and Counselling Psychology
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Syaidah Syaidah Syaidah
Date Deposited: 23 Nov 2022 02:42
Last Modified: 23 Nov 2022 02:42
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/15237

Actions (login required)

View Item View Item