Pengaruh Suasana Belajar dan Motivasi Belajar terhadap Intensitas Belajar serta Dampaknya pada Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas IX MTs Negeri 6 Pasuruan Tahun Pelajaran 2021/2022

MAULIDIA, SITI (2022) Pengaruh Suasana Belajar dan Motivasi Belajar terhadap Intensitas Belajar serta Dampaknya pada Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas IX MTs Negeri 6 Pasuruan Tahun Pelajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, UIN KH. Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Siti Maulidia_T20187029.pdf

Download (4MB)

Abstract

Siti Maulidia, 2022: Pengaruh Suasana Belajar dan Motivasi Belajar terhadap Intensitas Belajar serta Dampaknya pada Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas IX MTs Negeri 6 Pasuruan Tahun Pelajaran 2021/2022.
Kata Kunci: Suasana Belajar, Motivasi Belajar, Intensitas Belajar, Prestasi Belajar.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh suasana belajar dan motivasi belajar yang sangat berkaitan erat dengan prestasi belajar matematika. Untuk lebih mendukung dan memaksimalkan suasana belajar dan motivasi belajar juga diperlukan aspek lain yaitu intensitas belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh suasana belajar dan motivasi belajar terhadap intensitas belajar serta dampaknya pada prestasi belajar matematika siswa kelas IX MTs Negeri 6 Pasuruan Tahun Pelajaran 2021/2022 baik pengaruh secara langsung atau tidak langsung. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif yang dilakukan di MTs Negeri 6 Pasuruan. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan teknik acak atau teknik proportional random sampling dan didapatkan 58 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan dokumentasi dan angket. Sedangkan untuk teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial, pada statistik inferensial menggunakan analisis jalur.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Suasana belajar berpengaruh secara langsung terhadap prestasi belajar matematika melalui intensitas belajar dengan nilai IE (Inderect Effect) sebesar 0,030, motivasi belajar berpengaruh secara langsung terhadap prestasi belajar matematika melalui intensitas belajar dengan nilai IE (Inderect Effect) sebesar 0,017. Hal ini dapat diartikan bahwa terdapat pengaruh secara langsung suasana belajar dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas IX MTs Negeri 6 Pasuruan Tahun Pelajaran 2021/2022 melalui intensitas belajar. 2) Suasana belajar berpengaruh secara langsung terhadap intensitas belajar dengan nilai DE (Direct Effect) sebesar 0,227, motivasi belajar berpengaruh secara langsung terhadap intensitas belajar dengan nilai DE (Direct Effect) sebesar - 0,132. Hal ini dapat diartikan bahwa terdapat pengaruh langsung suasana belajar dan motivasi belajar terhadap intensitas belajar siswa kelas IX MTs Negeri 6 Pasuruan Tahun Pelajaran 2021/2022. 3) Intensitas belajar berpengaruh secara langsung terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas IX MTs Negeri 6 Pasuruan Tahun Pelajaran 2021/2022 dengan nilai DE (Direct Effect) sebesar - 0,130.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0199 Other Mathematical Sciences > 019999 Mathematical Sciences not elsewhere classified
Depositing User: Miss Siti Maulidia
Date Deposited: 23 Nov 2022 03:56
Last Modified: 23 Nov 2022 03:56
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/15241

Actions (login required)

View Item View Item