Manajemen Hubungan Masyarakat Untuk Membangun Citra Sekolah di Madrasah Aliyah Negeri 1 Banyuwangi

ASIR, NOVA (2022) Manajemen Hubungan Masyarakat Untuk Membangun Citra Sekolah di Madrasah Aliyah Negeri 1 Banyuwangi. Undergraduate thesis, UIN KH ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
NOVA T20183088.pdf

Download (59MB)

Abstract

Nova, 2022: Manajemen Hubungan Masyarakat Untuk Membangun Citra Sekolah di Madrasah Aliyah Negeri 1 Banyuwangi.
Kata kunci: Manajemen, Hubungan Masyarakat, Citra Sekolah Manajemen humas ialah suatu hubungan antara sekolah dengan publik (masyarakat) yang dibangun untuk membina kerjasama dalam rangka mencapai pengakuan yang baik dari publik, peningkatan kualitas pendidikan disamping datang dari civitas akademik (publik internal), juga datang dari masyarakat (publik eksternal). Oleh karena itu langkah yang perlu dilakukan sekolah MA Negeri 1 Banyuwangi yakni mengelola hubungan masyarakat dalam upaya mengembangkan lembaga pendidikan yaitu dengan mengelola kegiatan sekolah dan meningkatkan pencapaian yang diperoleh sekolah untuk dipublikasikan melalui media dengan tujuan agar mendapatkan perhatian dari masyarakat luas.
Fokus penelitian yang diteliti adalah: 1) Bagaimana perencanaan hubungan masyarakat untuk membangun citra sekolah; 2) Bagaimana pelaksanaan hubungan masyarakat untuk membangun citra sekolah; 3) Bagaimana evaluasi hubungan masyarakat untuk membangun citra sekolah. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi manajemen hubungan masyarakat untuk membangun citra sekolah di MA Negeri 1 Banyuwangi.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk analisis data dimulai dari tahap kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber.
Adapun hasil dari penelitian ini adalah: 1) Perencanaan humas untuk membangun citra sekolah meliputi: penyusunan program kegiatan melalui musyawarah, menetapkan anggaran dan menentukan tujuan. 2) Pelaksanaan humas untuk membangun citra sekolah meliputi: kegiatan internal dan eksternal dalam bentuk kegiatan sekolah dan publikasi karya seperti jumpa pers, dharmawanita, lomba
antar sekolah, PTSP, santunan kaum dhuafa dan anak yatim, expo kampus, publikasi karya melalui sosial media, zakat fitrah, qurban, bakti sosial, halal
bihalal dengan alumni, visit to campus, jum'at berkah, program unggulan ma'had darul muta'allimin. Sedangkan tugas dan kewajiban praktisi yaitu membangun kerjasama. 3) Evaluasi hubungan masyarakat untuk membangun citra sekolah meliputi: pengadaan rapat, evaluasi langsung dan koordinasi berbagai pihak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mrs Perpustakaan Nova
Date Deposited: 23 Nov 2022 02:12
Last Modified: 23 Nov 2022 02:12
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/15245

Actions (login required)

View Item View Item