Analisis Laporan Keuangan Badan Usaha Milik Desa (BUMDesa) Desa Balung Lor Kecamatan Balung

Bunga Cantika, Sonia (2022) Analisis Laporan Keuangan Badan Usaha Milik Desa (BUMDesa) Desa Balung Lor Kecamatan Balung. Undergraduate thesis, UIN KHAS JEMBER.

[img] Text
SONIA BUNGA CANTIKA_E20183041.pdf

Download (2MB)

Abstract

Sonia Bunga Cantika, Ana Pratiwi, M.S.A 2022: “Analisis Laporan Keuangan Badan Usaha Milik Desa (BUMDesa) Desa Balung Lor Kecamatan Balung.”

Badan Usaha Milik Desa (BUMDesa) Trijaya Balung lor adalah badan usaha yang dimiliki oleh Desa Balung Lor. BUMDesa Trijaya Balung Lor memiliki 3 unit usaha yaitu Trijaya Mart, Caffesera, dan Desa Melati. Penyusunan Laporan Keuangan yang sesuai dengan Standar Akuntansi Keuangan Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik (SAK ETAP) masih belum banyak diterapkan di berbagai badan usaha. Banyak faktor yang membuat belum di terapkannya penyusunan laporan keuangan yang sesuai dengan standar SAK ETAP.
Berdasarkan pemaparan latarbelakang masalah, rumusan masalah pada penelitian adalah : 1) Apakah penyusunan laporan keuangan Badan Usaha Milik Desa (BUMDesa) Desa Balung Lor sesuai SAK ETAP? dan 2) Apa saja kendala dalam penyusunan laporan keuangan Badan Usaha Milik Desa (BUMDesa) Desa Balung Lor Kecamatan Balung ? Tujuan dari penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penyusunan laporan keuangan di BUMDesa Trijaya Balung Lor dan apakah penyusunan laporan keuangannya sudah sesuai dengan standar SAK ETAP serta untuk mengetahui apa saja kendala dalam Menyusun laporan keuangan yang sesuai dengan SAK ETAP. Untuk mengindentifikasi beberapa permasalahan tersebut, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitiannya yaitu deskriptif. Penelitin kualitatif merupakan penelitian yang menghasilkan data tertulis atau lisan dari orang atau perilaku yang dapat diamati, peneliti menggunakan beberapa teknik untuk mengumpulkan data yaitu menggunakan observasi, wawancara , dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa :1) Peyusunan laporan keuangan di BUMDesa Trijaya Balung Lor masih belum sesuai dengan standar SAK ETAP. Penyajian laporan keuangan yang di sajikan berupa buku kas masuk dan keluar dan pencatatannya masih sederhana. 2) Kendala dalam Menyusun laporan keungan yang sesuai dengan SAK ETAP yaitu: pengetahuan dan pemahaman Sumber Daya Manusia (SDM) mengenai konsep dan standar akuntansi masih terbatas, kurangnya kesadaran pengelola BUMDesa akan pentingnya laporan keuangan yang benar dan tepat bagi usaha yang sedang dijalankan, pembuatan laporan yang masih dianggap rumit dan membutuhkan waktu lama dalam pembuatannya., kurangnya sosialisasi oleh pemerintah setempat mengenai pentingnya penyusunan laporan keuangan yang sesuai standar keuangan.

Kata Kunci : Laporan Keuangan dan Standar Akuntansi Keuangan Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik (SAK ETAP).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140207 Financial Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah
Depositing User: Sonia Sonia Bunga Cantika
Date Deposited: 23 Nov 2022 03:51
Last Modified: 23 Nov 2022 03:51
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/15248

Actions (login required)

View Item View Item