Pengembangan E-Atlas Vertebrata Sebagai Media Pembelajaran Biologi Pada Materi Animalia Kelas X IPA di SMA Panca Marga 1 Lamongan

Ardiana, Rinata (2022) Pengembangan E-Atlas Vertebrata Sebagai Media Pembelajaran Biologi Pada Materi Animalia Kelas X IPA di SMA Panca Marga 1 Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
RINATA ARDIANA_T20188007.pdf

Download (23MB)

Abstract

Kata kunci: media pembelajaran, E-Atlas vertebrata, animalia
Media pembelajaran atlas vertebrata merupakan media bergambar yang berfungsi untuk membantu peserta didik untuk mempermudah pemahaman materi yang diberikan oleh guru tanpa harus mengamati objek secara langsung. Penggunaan media pembelajaran atlas vetebrata diharapkan peserta didik lebih mudah memahami materi dan selalu antusias dalam proses pembelajaran sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai serta dapat dijadikan inovasi media pembelajaran biologi.
Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui kevalidan E-atlas vertebrata sebagai media pembelajaran biologi pada materi animalia untuk siswa kelas X IPA di SMA Panca Marga 1 Lamongan 2) Untuk mengetahui respon siswa terhadap E-atlas vertebrata sebagai media pembelajaran Biologi pada materi
animalia untuk siswa kelas X IPA di SMA Panca Marga 1 Lamongan 3) Untuk mengetahui keefektifan E-atlas vertebrata sebagai media pembelajaran biologi pada materi animalia untuk siswa kelas X IPA di SMA Panca Marga 1 Lamongan.
Jenis penelitian pada penelitian ini yaitu Research and Development (R&D). Model penelitian yang digunakan yaitu model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation). Penelitian pengembangan ini dilaksanakan di SMA Panca Marga 1 Lamongan. Instrumen pengumpulan data
yang digunakan berupa pedoman wawancara, angket dan tes. Penelitian ini melibatkan 5 validator yaitu 2 validator ahli materi, 2 validator ahli media, dan 1 validator ahli praktisi.
Penelitian pengembangan ini memperoleh kesimpulan: 1) hasil perolehan validasi ahli materi didapatkan rata-rata presentase 90,9 % dengan kriteria sangat valid, dan hasil perolehan validasi ahli media didapatkan rata-rata presentase 96% dengan kriteria sangat valid. 2) Presentase dari hasil respon peserta didik mendapatkan rata-rata presentase 84,5% dengan kriteria sangat menarik. 3) Perhitungan hasil Posttest dan pretest menggunakan uji T didapatkan signifikansi 0,000 < 0,05 yang artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara sebelum dan sesudah menggunakan media pembelajaran yang dikembangkan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0608 Zoology > 060809 Vertebrate Biology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Rinata Ardiana
Date Deposited: 24 Nov 2022 09:01
Last Modified: 24 Nov 2022 09:01
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/15251

Actions (login required)

View Item View Item