Meningkatkan Kecerdasan Kinestetik Anak Melalui Media Audio Visual Pada Kelompok B Di TK Dharma Wanita Ajung Jember Tahun Pelajaran 2021/2022

Kholifah, Ainul (2022) Meningkatkan Kecerdasan Kinestetik Anak Melalui Media Audio Visual Pada Kelompok B Di TK Dharma Wanita Ajung Jember Tahun Pelajaran 2021/2022. Masters thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
AINUL KHOLIFAH WATERMAX.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Ainul Kholifah, 2022 : Meningkatkan Kecerdasan Kinestetik Anak Melalui Media Audio Visual Pada Kelompok B di TK Dharma Wanita Ajung Jember Tahun Pelajaran 2021/2022.
Kata Kunci : Kecerdasan Kinestetik, Media Audio Visual
Kecerdasan Kinestetik adalah kemampuan menyelaraskan pikiran dengan
badan sehingga apa yang dikatakan oleh pikiran akan tertuang dalam bentuk gerakan-gerakan badan yang indah, kreatif, dan mempunyai makna. Salah satu kegiatan yang dapat mengembangkan kinestetik anak adalah kegiatan bermain gerak dan lagu serta kegiatan bermain outdoor dengan menggunakan media audio visual berupa laptop dan sound kecil. Berdasarkan pengalaman penelitian observasi di TK Dharma Wanita Ajung pada kelompok B menunjukkan bahwa kemampuan senam masih kurang maksimal dan dalam kegiatan bermain outdoor dengan fasilitas yang sudah disediakan oleh sekolah anak-anak masih belum bisa memanfaatkan permainan itu dengan maksimal.
Fokus penelitian pada skripsi ini adalah: 1) Bagaimana bermain gerak dan lagu dalam meningkatkan kecerdasan kinestetik melalui media audio visual pada kelompok B di TK Dharma Wanita Ajung Jember Tahun Pelajaran 2021/2022?, 2) Bagaimana bermain outdoor dalam meningkatkan kecerdasan kinestetik melalui media audio visual pada kelompok B di TK Dharma Wanita Ajung Jember Tahun Pelajaran 2021/2022?
Tujuan Penelitian dalam skripsi ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan bermain gerak dan lagu serta bermain outdoor dalam meningkatkan kecerdasan kinestetik anak melalui media audio visual pada kelompok B di TK Dharma Wanita Ajung Jember Tahun Pelajaran 2021/2022.
Metode yang dipakai dalam skripsi ini adalah: metode penelitian kualitatif deskriptif jenis penelitian lapangan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dan kebsahan data menggunakan Triangulasi teknik dan sumber.
Dalam penelitian ini memperoleh kesimpulan: 1) kegiatan bermain gerak dan lagu: sebagian anak mampu dan bisa melakukannya sesuai dengan yang dicontohkan guru sebelumnya, sebagian ada juga yang melakukan gerakan sesuai dengan isi hatinya. 2) kegiatan bermain outdoor : sebagian anak mampu dan bisa melakukannya sesuai dengan yang dicontohkan guru sebelumnya, sebagian ada juga yang takut dan tidak percaya diri untuk bermain outdoor yaitu dengan menggunakan permainan papan titian dan permainan tangga pelangi.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education
Depositing User: Mrs Ainul Kholifah
Date Deposited: 24 Nov 2022 02:29
Last Modified: 24 Nov 2022 02:29
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/15252

Actions (login required)

View Item View Item