PENGARUH METODE CERAMAH DAN METODE DISKUSI TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII BIDANG STUDI AL-QUR’AN HADITS DI MTS MANBAUL ULUM BONDOWOSO TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Zainabul, Unsiah (2022) PENGARUH METODE CERAMAH DAN METODE DISKUSI TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII BIDANG STUDI AL-QUR’AN HADITS DI MTS MANBAUL ULUM BONDOWOSO TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Undergraduate thesis, UIN KH. Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
ZAINABUL UNSIAH_T20181283.pdf

Download (11MB)

Abstract

ABSTRAK
Zainabul Unsiah, 2022 : Pengaruh Metode Ceramah Dan Metode Diskusi
Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII Bidang Studi Al-Qur’an Hadits Di
Mts Manbaul Ulum Bondowoso Tahun Pelajaran 2021/2022
Kata Kunci : Metode Ceramah, Metode Diskusi, Prestasi Belajar Siswa, Al-
Qur’an Hadist.
Dalam proses pembelajaran, metode merupakan hal sangat penting,karena ketika pembelajaran dibungkus dengan metode yang kurang tepat dan tidak menarik bagi anak didik, maka hal tersebut bisa mempengaruhi proses pelaksanaan pembelajaran, maka dari itu, seorang guru harus pintar dalam
memilih dan menggunakan suatu metode pembelajaran sesuai dengan materi yang akan diajarkan.
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh metode ceramah dan metode diskusi terhadap prestasi belajar siswa bidang studi Al-Qur’an Hadist di Mts Manbaul Ulum Tangsil Wetan. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data kuesioner, observasi, dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa ada pengaruh metode ceramah dan metode diskusi terhadap prestasi belajar siswa bidang studi Al-qur’an hadist di Mts Manbaul Ulum Tangsil Wetan. Hal ini terbukti dari pengujian hipotesis menggunakan rumus regresi linier ganda diperoleh nilai signifikan untuk
pengaruh X1 dan X2 secara simultan terhadap Y adalah 0,02 < 0,05 dan nilai F hitung 4,218 > 3,47, sehingga dapat disimpulkan bahwa hipotesis diterima yang berarti terdapat pengaruh X1 dan X2 secara simultan terhadap Y. Adapun dari
hasil perhitungan koefisien diterminasinya pengaruh metode ceramah dan metode diskusi memiliki kontribusi atau pengaruh sebesar 28,7% dalam mempengaruhi Pretasi Belajar Siswa Bidang Studi Al-Qur’an Hadits Di Mts Manbaul Ulum Tangsil Wetan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0103 Numerical and Computational mathematics > 010301 Numerical Analysis
01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0104 Statistics > 010405 Statistical Theory
01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0104 Statistics > 010406 Stochastic Analysis and Modelling
08 INFORMATION AND COMPUTING SCIENCES > 0804 Data Format > 080401 Coding and Information Theory
08 INFORMATION AND COMPUTING SCIENCES > 0804 Data Format > 080499 Data Format not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Zainabul Unsiah
Date Deposited: 23 Nov 2022 08:37
Last Modified: 23 Nov 2022 08:37
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/15255

Actions (login required)

View Item View Item