Penerapan Strategi Pembelajaran Active Knowledge Sharing pada Mata Pelajaran IPS Kelas VII di SMPN 2 Jenggawah Tahun Pelajaran 2021/2022

Maghfirah, Annisaul (0014) Penerapan Strategi Pembelajaran Active Knowledge Sharing pada Mata Pelajaran IPS Kelas VII di SMPN 2 Jenggawah Tahun Pelajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
ANNISAUL MAGHFIRAH-IPS.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK
Annisaul Maghfirah, 2022: Penerapan Strategi Pembelajaran Active Knowledge Sharing pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas VII di SMP Negeri 2 Jenggawah Tahun Pelajaran 2021/2022.

Kata Kunci: Strategi Pembelajaran, Active Knowledge Sharing.

Strategi pembelajaran Active Knowledge Sharing merupakan strategi yang dapat membantu peserta didik untuk siap menerima materi yang diajarkan, dan saling bekerjasama dalam tim. Penelitian ini dilakukan di SMPN 2 Jenggawah, yang mana proses pembelajaran dengan menggunakan strategi pembelajaran Active Knowledge Sharing kurang maksimal. Dikarenakan banyak peserta didik yang tidak ikut berpartisipasi dalam strategi pembelajaran Active Knowledge Sharing, peserta didik merasa bosan sehingga tidak memperhatikan perintah guru, dan ada kesenjangan antara peserta didik yang aktif dan tidak aktif. Dengan diterapkan strategi pembelajaran Active Knowledge Sharing ini, maka peserta didik lebih aktif dan bersemangat dalam strategi pembelajaran Active Knowledge Sharing.
Fokus yang dikaji dalam penelitian ini adalah Bagaimana Penerapan Strategi Pembelajaran Active Knowledge Sharing Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VII di SMPN 2 Jenggawah Tahun Pelajaran 2021/2022? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Penerapan Strategi Pembelajaran Active Knowledge Sharing Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VII di SMPN 2 Jenggawah Tahun Pelajaran 2021/2022.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitiannya menggunakan penelitian deskriptif. Penentuan subyek penelitian ini menggunakan teknik Purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun analisis data menggunakan deskriptif kualitatif sesuai teori Milles dan Hubermen, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Penelitian ini memperoleh hasil : penerapan strategi pembelajaran Active Knowledge Sharing yang diterapkan di kelas VII SMPN 2 Jenggawah masih kurang maksimal, dikarenakan banyak peserta didik yang tidak ikut berpartisipasi dalam strategi tersebut, akibatnya peserta didik merasa bosan dan tidak mendengarkan perintah guru. Hal tersebut mengakibatkan nilai sebelumnya masih banyak yang dibawah KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Oleh karena itu, guru lebih memberikan motivasi dan dorongan kepada peserta didik. Sehingga, peserta didik lebih aktif dan bersemangat dalam proses pembelajaran dan juga nilai peserta didik sudah diatas KKM.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran dengan menggunakan strategi Active Knowledge Sharing yang diterapkan di kelas VII SMPN 2 Jenggawah sudah terlaksana secara maksimal. Hal ini dapat dilihat dari semangat peserta didik dam nilai peserta didik yang sudah diatas KKM.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Maghfirah Annisaul
Date Deposited: 24 Nov 2022 02:10
Last Modified: 24 Nov 2022 02:10
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/15283

Actions (login required)

View Item View Item