Bimbingan dan Konseling Cognitive Behavioral Therapy (CBT) dengan Pendekatan Dzikir dalam Penanganan Kenakalan Remaja (Studi Kasus Beberapa Remaja di Desa Jatirejo Kecamatan Lekok Kabupaten Pasuruan)

Ulya, Nurul (2022) Bimbingan dan Konseling Cognitive Behavioral Therapy (CBT) dengan Pendekatan Dzikir dalam Penanganan Kenakalan Remaja (Studi Kasus Beberapa Remaja di Desa Jatirejo Kecamatan Lekok Kabupaten Pasuruan). Undergraduate thesis, UIN KHAS JEMBER.

[img] Text (Nurul Ulya_D20183005)
NURUL ULYA_D20183005.pdf

Download (3MB)

Abstract

Perilaku nakal pada remaja kini menjadi problem sosial, lebih-lebih pada zaman
sekarang ini kenakalan sering sekali diperbuat oleh anak-anak ataupun remaja sehingga pelakunya tidak hanya orang dewasa. Di tahun 2021 angka perilaku nakal remaja di
Indonesia sebanyak 7007 kasus, kasus tersebut antara lain pencurian, pembunuhan, pergaulan bebas dan narkoba. Di tahun 2021 jumlah kenakalan remaja pada kota pasuruan mencapai 38,0% pada tahun 2021 dengan kenakalan yang mengakibatkan korban fisik 9,0%, kenakalan yang mengakibatkan korban materi 10,0%, kenakalan sosial yang tidak menimbulkan korban 9,0%, serta kenakalan yang menentang sosial 10,0%.

Fokus penelitian ini yaitu (1) Bagaimana proses Bimbingan dan Konseling Cognitive Behavioral Therapy dengan Pendekatan Dzikir dalam Penanganan Kenakalan Remaja (studi kasus beberapa remaja di desa jatirejo kecamatan lekok kabupaten pasuruan), (2) Bagaimana Hasil dari Proses Bimbingan dan Konseling Cognitive Behavioral Therapy (CBT) dengan Pendekatan Dzikir dalam Penanganan Kenakalan Remaja (studi kasus beberapa remaja di desa jatirejo kecamatan lekok kabupaten
pasuruan).

Tujuan dari penelitian ini yaitu (1) Untuk menjelaskan proses bimbingan dan konseling cognitive behavioral therapy (CBT) dengan pendekatan Dzikir dalam penanganan kenakalan remaja (studi kasus beberapa remaja di desa jatirejo kecamatan lekok kabupaten pasuruan), (2) Untuk menjelaskan hasil dari proses bimbingan dan konseling cognitive behavioral therapy dengan pendekatan Dzikir dalam penanganan kenakalan remaja (studi kasus beberapa remaja di desa jatirejo kecamatan lekok kabupaten pasuruan)

Penelitian ini menggunakan pendeatan kualitatif, jenis penelitian studi kasus yang
bersifat deskriptif kualitatif. Untuk pengumpulan data dengan metode yaitu: observasi, wawancara, dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber. (1) Pelaksanaan konseling cognitive behavior therapy dengan pendekatan dzikir dilakukan lima kali pertemuan, yaitu pertama tahap asessmen dan diagnosa awal, kedua tahap mencari emosi negative, pikiran otomatis dan keyakinan utama, ketiga tahap menyusun intervensi dengan memberikan konsekuensi positif dan negative, keempat tahap self-talk, kelima tahap self-help. (2) Hasil pelaksanaan konseling cognitive behavior therapy dengan pendekatan dzikir, yaitu kedua subyek mampu merumuskun pokok-pokok permasalahan, subyek mampu mengontrol emosinya, subyek mampu berkomitmen dalam menjalankan perilaku barunya. Hal tersebut dibuktikan ketika peneliti melakukan pengamatan selama dua minggu terkait perilaku baru yang lebih positif, hal tersebut peneliti lakukan setelah kegiatan konseling cognitive behavior therapy dengan pendekatan dzikir dilaksanakan. Sehingga proses konseling cognitive behavior therapy
dengan pendekatan dzikir dapat dikatakan berhasil, meskipun subyek melakukannya secara
perlahan dan bertahap.

Kata Kunci: Konseling Cognitive Behavior Therapy, Kenakalan Remaja, Pendekatan
Dzikir

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Konseling Cognitive Behavior Therapy, Kenakalan Remaja, Pendekatan Dzikir
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1702 Cognitive Sciences > 170202 Decision Making
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Nurul NU Ulya
Date Deposited: 24 Nov 2022 02:01
Last Modified: 24 Nov 2022 02:01
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/15284

Actions (login required)

View Item View Item