Pembelajaran Membaca Permulaan Dengan Menerapkan Media Flashcard Suku Kata Pada Kelompok B di PAUD Islam Terpadu Az-Zahroh II Jember

Wahidah, Isrorul (2022) Pembelajaran Membaca Permulaan Dengan Menerapkan Media Flashcard Suku Kata Pada Kelompok B di PAUD Islam Terpadu Az-Zahroh II Jember. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Shiddiq Jember.

[img] Text
ISRORUL WAHIDAH_T20185067-1.pdf

Download (5MB)

Abstract

Isrorul Wahidah, 2022: Pembelajaran Membaca Permulaan Dengan Menerapkan Media Flashcard Suku Kata Pada Kelompok B Di PAUD Islam Terpadu (IT) Az-Zahroh II Jember.

Kata Kunci: Pembelajaran Membaca Permulaan dan Penerapan Media Flashcard Suku Kata

Membaca permulaan sangat penting untuk proses anak belajar mengenal huruf serta menyuarakannya, mengenal suku kata menjadi kata, membaca kata demi kata dalam kalimat sederhana, mengenal huruf vokal dan konsonan. Cara yang digunakan untuk mempelajarinya yaitu dengan cara yang menyenangkan dan menarik perhatian anak.
Fokus penelitian yang dikaji dalam penelitian ini, yaitu: 1) Bagaimana perencanaan pembelajaran membaca permulaan dengan menerapkan media flashcard suku kata pada anak Kelompok B di PAUD Islam Terpadu (IT) Az-Zahroh II Jember? 2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran membaca permulaan dengan menerapkan media flashcard suku kata pada anak Kelompok B di PAUD Islam Terpadu (IT) Az-Zahroh II Jember? 3) Bagaimana penilaian pembelajaran membaca permulaan dengan menerapkan media flashcard suku kata pada anak Kelompok B di PAUD Islam Terpadu (IT) Az-Zahroh II Jember?
Tujuan penelitian dalam penelitian ini adalah 1) Mendeskripsikan perencanaan pembelajaran membaca permulaan dengan menerapkan media flashcard suku kata pada anak Kelompok B di PAUD Islam Terpadu (IT) Az-Zahroh II Jember. 2) Mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran membaca permulaan dengan menerapkan media flashcard suku kata pada anak Kelompok B di PAUD Islam Terpadu (IT) Az-Zahroh II Jember. 3) Mendeskripsikan penilaian pembelajaran membaca permulaan dengan menerapkan media flashcard suku kata pada anak Kelompok B di PAUD Islam Terpadu (IT) Az-Zahroh II Jember.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitiannya adalah penelitian lapangan. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumetasi. Analisis data menggunakan pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran membaca permulaan dengan menerapkan media flashcard suku kata pada kelompok B mengalami peningkatan. Peningkatan kemampuan membaca permulaan pada kelompok B terlihat dari hasil penilaian checklist dan hasil data penilaian penerapan media flashcard suku kata dengan menunjukkan siswa mulai berkembang (MB), berkembang sesuai harapan (BSH), dan berkembang sangat baik (BSB).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudhatul Athfal
Depositing User: Mrs ISRORUL WAHIDAH
Date Deposited: 24 Nov 2022 03:13
Last Modified: 24 Nov 2022 03:13
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/15301

Actions (login required)

View Item View Item