Peran Guru dalam Meningkatkan Kemampuan Kognitif melalui Dadu Angka pada Kelompok A1 di TK Dharma Wanita Ajung Jember Tahun Pelajaran 2021/2022

Anitasari, Rika (2022) Peran Guru dalam Meningkatkan Kemampuan Kognitif melalui Dadu Angka pada Kelompok A1 di TK Dharma Wanita Ajung Jember Tahun Pelajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Shiddiq Jember.

[img] Text
RIKA ANITASARI_T20185083 skirpsi watermark.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK
Rika Anitasari, 2022: Peran Guru Dalam Meningkatkan Kemampuan Kognitif melalui Dadu Angka Pada Kelompok A1 Di TK Dharma Wanita Ajung Jember Tahun Pelajaran 2021/2022.
Kata Kunci: Peran Guru, Kemampuan Kognitif, Dadu Angka.
Kemampuan kognitif adalah kemampuan belajar, berfikir, atau kecerdasan yaitu kemampuan untuk mempelajari keterampilan dan konsep baru, ketrampilan untuk memahami apa yang telah terjadi dilingkungan, serta ketrampilan menggunakan daya ingat dan menyelesaikan soal-soal sederhana. Guru di TK Dharma Wanita Ajung Jember dalam meningkatkan kemampuan kognitif anak, salah satunya dengan menggunakan media dadu angka.
Fokus penelitian ini adalah:
1) Bagaimana peran guru sebagai fasilitator dalam meningkatkan kemampuan kognitif melalui dadu angka pada kelompok A1
di TK Dharma Wanita Ajung Jember Tahun Pelajaran 2021/2022?
2) Bagaimana peran guru sebagai motivator dalam meningkatkan kemampuan kognitif melalui dadu angka pada kelompok A1 di TK Dharma Wanita Ajung Jember Tahun pelajaran 2021/2022?
3) Bagaiman peran guru sebagai pendidik dalam meningkatkan kemampuan kognitif melalui dadu angka pada kelompok A1 di TK
Dharma Wanita Ajung Jember Tahun Pelajaran 2021/2022?
Tujuan penelitian ini adalah:
1) Mendeskripsikan peran guru sebagai
fasilitator dalam meningkatkan kemampuan kognitif melalui dadu angka pada kelompok A1 di TK Dharma Wanita Ajung Jember Tahun Pelajaran 2021/2022.
2) Mendeskripsikan peran guru sebagai motivator dalam meningkatkan kemampuan kognitif melalui dadu angka pada kelompok A1 di TK Dharma wanita Ajung Jember Tahun Pelajaran 2021/2022.
3) Mendeskripsikan peran guru sebagai pendidik dalam meningkatkan kemampuan kognitif melalui dadu angka pada kelompok A1 di TK Dharma Wanita Ajung Jember Tahun Pelajaran 2021/2022.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti yaitu wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini yaitu menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil dari penelitian ini adalah
1) Peran guru sebagai fasilitator dalam meningkatkan kemampuan kognitif melalui dadu angka yaitu, guru menyediakan alat dan bahan dadu angka, kartu bergambar dll, guru menyediakan bahan ajar RPPH, melakukan pendampingan selama kegiatan berlangsung.
2) Peran guru sebagai motivator dalam meningkatkan kemampuan kognitif melalui dadu angka yaitu, mengkreasikan media dadu angka dengan alat lain, guru memberi pujian, guru memberi reward saat anak bisa menyebutkan dengan benar angka warna yang muncul pada dadu.
3) peran guru sebagai pendidik dalam meningkatkan kemampuan kognitif melalui dadu angka yaitu, guru menjelaskan tata cara memainkan dadu angka, guru memberikan penguatan mengenai dadu angka, guru menyempurnakan kegiatan dadu angka dengan praktik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education
Depositing User: Ms RIKA ANITASARI
Date Deposited: 24 Nov 2022 03:08
Last Modified: 24 Nov 2022 03:08
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/15305

Actions (login required)

View Item View Item