Peran Guru Dalam Mengoptimalkan Kemampuan Kognitif Anak Melalui Metode Bermain Ludo Geometri Pada Kelompok B di TK Dharma Wanita Ajung Jember Tahun Ajaran 2021/2022

Nikmatul Hidayah, Kharisma (2022) Peran Guru Dalam Mengoptimalkan Kemampuan Kognitif Anak Melalui Metode Bermain Ludo Geometri Pada Kelompok B di TK Dharma Wanita Ajung Jember Tahun Ajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Kharisma Nikmatul Hidayah_T20185072.pdf

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK
Kharisma Nikmatul Hidayah, 2022: Peran Guru Dalam Mengoptimalkan
Kemampuan Kognitif Anak Melalui Metode Bermain Ludo Geometri Pada
Kelompok B di TK Dharma Wanita Ajung Jember.
Kata Kunci : Peran guru, Kemampuan Kognitif, Ludo Geometri
Peran guru dalam mengoptimalkan kemampuan kognitif anak dilakukan
dengan menggunakan media ludo geometri sebagai salah satu alternatif untuk
mengoptimalkan kognitif. Hal tersebut digunakan untuk memudahkan proses
pembelajaran kognitif pada anak. Peran guru dalam pembelajaran menjadi
seorang motivator, fasilitator, dan evaluator bagi peserta didik. Ludo geometri
sebagai media yang mampu mengoptimalkan kemampuan kognitif memiliki
keunikan bahwasannya permainan ini menyenangkan untuk dimainkan dengan
permainan yang bisa dimainkan bersama-sama sehingga anak lebih mudah
mengenal bentuk geometri dengan perasaan yang senang.
Dalam hal ini terdapat 3 isu utama yang menjadi fokus penelitian : 1.
Bagaimana perencanaan pembelajaran ludo geometri untuk mengoptimalkan
kemampuan kognitif anak pada kelompok B di TK Dharma Wanita Ajung? 2.
Bagaimana penerapan pembelajaran ludo geometri untuk mengoptimalkan
kemampuan kognitif anak pada kelompok B di TK Dharma Wanita Ajung? 3.
Bagaimana evaluasi pembelajaran ludo geometri untuk mengoptimalkankan
kemampuan kognitif anak pada kelompok B di TK Dharma Wanita Ajung?
Tujuan peneltian ini yaitu untuk mendeskripsikan perencanaan, penerapan
dan evaluasi pembelajaran ludo geometri dalam mengoptimalkan kemampuan
kognitif anak pada kelompok B di TK Dharma Wanita Ajung
Penelitian ini menggunakan Pendekatan Kualitatif deskriptif dengan jenis
studi kasus. Teknik pengumpulan data berupa Observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu Teknik reduksi data, penyajian
data, dan verifkasi data. Sedangkan keabsahan data yang digunakan adalah
triangulasi Teknik dan sumber.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan di TK Dharma Wanita
Kelas B dapat ditemukan 1) Perencanaan pembelajaran permainan ludo geometri
dalam mengoptimalkan kemampuan kognitif anak yaitu dengan mengadakan
RAKER yang dihadiri oleh seluruh guru TK Dharma Wanita untuk membahas
PROTA, PROSEM, RPPM, dan RPPH, beserta model pembelajarannya. 2)
Penerapan pembelajaranya melalui kegiatan pembuka, inti, dan kegiatan penutup
sebagai pelaksanaan pembelajaran. 3) Evaluasi dilakukan dengan menggunakan
penilaian ceklis, anekdot, dan hasil karya anak dengan melihat perkembangan
serta kemajuan yang telah dicapai setiap Individu di Kelas B.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education
Depositing User: Mrs Kharisma Nikmatul Hidayah
Date Deposited: 24 Nov 2022 03:03
Last Modified: 24 Nov 2022 03:03
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/15309

Actions (login required)

View Item View Item