Pengaruh Kepemimpinan Kepala Desa, Kompetensi Aparatur Pengelola Dana Desa, Dan Pemanfaatan Teknologi Informasi Terhadap Akuntabilitas Pengelolaan Dana Desa (Studi Kasus di Desa Bulurejo Kecamatan Purwoharjo Kabupaten Banyuwangi)

Khusnia, Afifa (2022) Pengaruh Kepemimpinan Kepala Desa, Kompetensi Aparatur Pengelola Dana Desa, Dan Pemanfaatan Teknologi Informasi Terhadap Akuntabilitas Pengelolaan Dana Desa (Studi Kasus di Desa Bulurejo Kecamatan Purwoharjo Kabupaten Banyuwangi). Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
Afifa Khusnia_E20183115.pdf

Download (3MB)

Abstract

Afifa Khusnia, Dr. Retna Anggitaningsih, S.E., M.M. 2022: Pengaruh Kepemimpinan Kepala Desa, Kompetensi Aparatur Pengelola Dana Desa, dan Pemanfaatan Teknologi Informasi Terhadap Akuntabilitas Pengelolaan Dana Desa (Studi Kasus di Desa Bulurejo Kecamatan Purowharjo Kabupaten Banyuwangi).

Pelimpahan kekuasaan yang diberikan pemerintah daerah kepada pemerintah desa merupakan salah satu wujud dari adanya desentralisasi daerah. Hal tersebut merupakan usaha pemberdayaan daerah yang diharapkan di setiap daerah menerapkan kemandiriannya agar tingkat ketergantungan pada pemerintah pusat semakin berkurang. Upaya Pemerintah Pusat dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat di setiap lapisan dengan menganggarkan dana desa secara nasional dalam APBN.
Rumusan masalah yang diteliti dalam skripsi ini yaitu (1) Apakah kepemimpinan kepala desa berpengaruh terhadap akuntabilitas pengelolaan dana desa di Desa Bulurejo? (2) Apakah kompetensi aparatur pengelola dana desa berpengaruh terhadap akuntabilitas pengelolaan dana desa di Desa Bulurejo? (3) Apakah pemanfaatan teknologi informasi berpengaruh terhadap akuntabilitas pengelolaan dana desa di Desa Bulurejo? (4) Apakah kepemimpinan kepala desa, kompetensi aparatur pengelola dana desa, dan pemanfaatan teknologi informasi secara simultan berpengaruh terhadap akuntabilitas pengelolaan dana desa di Desa Bulurejo?
Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan kepala desa terhadap akuntabilitas pengelolaan dana desa di Desa Bulurejo (2) Untuk mengetahui pengaruh kompetensi aparatur pengelola dana desa terhadap akuntabilitas pengelolaan dana desa di Desa Bulurejo (3) Untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan teknologi informasi terhadap akuntabilitas pengelolaan dana desa di Desa Bulurejo (4) Untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan kepala desa, kompetensi aparatur pengelola dana desa, dan pemanfaatan teknologi informasi terhadap akuntabilitas pengelolaan dana desa di Desa Bulurejo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian ststistik deskriptif. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa secara parsial variabel kompetensi aparatur pengelola dana desa dan pemanfaatan teknologi informasi berpengaruh positif atau signifikan terhadap akuntabilitas pengelolaan dana desa. Berbeda dengan variabel kepemimpinan kepala desa yang berpengaruh tetapi tidak signifikan terhadap akuntabilitas pengelolaan dana desa. Sedangkan secara simultan variabel kepemimpinan kepala desa, kompetensi aparatur pengelola dana desa, dan pemanfaatan teknologi informasi berpengaruh positif atau signifikan terhadap akuntabilitas pengelolaan dana desa.

Kata Kunci: Kepemimpinan Kepala Desa, Kompetensi Aparatur Pengelola Dana Desa, Pemanfaatan Teknologi Informasi, Akuntabilitas Pengelolaan dana desa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140207 Financial Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah
Depositing User: MS AFIFA KHUSNIA
Date Deposited: 25 Nov 2022 07:38
Last Modified: 25 Nov 2022 07:38
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/15317

Actions (login required)

View Item View Item