Strategi Dakwah Yayasan Jember Berbagi Berkah Bersama di Wilayah Jember

Khafi, Muhammad Nur (2022) Strategi Dakwah Yayasan Jember Berbagi Berkah Bersama di Wilayah Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
MUHAMMAD NUR KHAFI_D20181003.pdf

Download (2MB)

Abstract

Melihat anak muda zaman sekarang menganggap mabuk-mabukan, balap liar, main games hingga lupa waktu itu merupakan hal biasa bagi mereka, padahal hal tersebut merupakan kegiatan yang negatif yang bisa membahayakan diri sendiri juga orang lain. Maka dari itu anak muda ini perlu diajak serta dirangkul untuk kembali ke jalan yang benar dengan cara dakwah. Dakwah harus disampaikan dengan cara yang baik terlepas dari orang lain menerima pesan yang disampaikan, dakwah tidak haruskan ceramah ataupun berorasi tentang mana yang benar dan mana yang salah. Contoh dakwah dengan tindakan seperti sedekah salah satu yang dilakukan oleh Yayasan Jember Berbagi Berkah Bersama. Maka dari itu peneliti merasa tertarik apa yang melatar belakangi berdirinya Yayasan Jember Berbagi Berkah Bersama.
Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini ialah: 1) Bagaimana strategi dakwah Yayasan Jember Berbagi Berkah Bersama di wilayah Jember? 2) Bagaimana pelaksanaan program dakwah Yayasan Jember Berbagi Berkah Bersama di wilayah Jember ? Tujuan penelitian ini ialah : 1) untuk mendeskripsikan strategi dakwah Yayasan Jember Berbagi Berkah Bersama di wilayah Jember. 2) untuk mendeskripsikan pelaksanaan program dakwah Yayasan Jember Berbagi Berkah Bersama di wilayah Jember. Guna mengidentifikasi permasalahan tersebut, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penentuan subjek penelitian menggunakan teknik kualitatif purposive. Teknik pengumpulan data yang dipergunakan ialah wawancara, dokumentasi serta observasi. Analisis data yang digunakan yaitu pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan. Penelitian ini memperoleh kesimpulan yaitu : 1) Strategi Dakwah Yayasan Jember Berbagi Berkah Bersama di wilayah Jember yaitu : a. Mengelola kegiatan di bidang sosial kemanusiaan dan keagamaan melalui program dakwah jumat berbagi, peduli panti asuhan, peduli tukang becak, perbaikan jalan, majelis taklim, air mineral 7 dus untuk keluarga duka serta nasi gratis. b. Membantu Perekonomian Masyarakat Prasejahtera melalui program dakwah jumat berbagi, peduli panti asuhan, peduli tukang becak, dan wakaf produktif. c. Pemberdayaan dan Pengembangan Potensi melalui program dakwah wakaf produktif. 2) Pelaksanaan program dakwah Yayasan Jember Berbagi Berkah Bersama di wilayah Jember ada tiga yaitu jumat berbagi, peduli panti asuhan dan wakaf produktif semua program tersebut berjalan dengan lancar serta mendapatkan respon positif dari masyarakat.
Kata Kunci : Strategi dakwah, Yayasan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200101 Communication Studies
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200105 Organisational, Interpersonal and Intercultural Communication
Depositing User: Man Muhammad Nur Khafi
Date Deposited: 25 Nov 2022 06:33
Last Modified: 25 Nov 2022 06:33
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/15325

Actions (login required)

View Item View Item