Peran Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Dalam Mewujudkan Kreativitas Di Kampungkopi Desa Gombengsari Kecamatan Kalipuro Kabupaten Banyuwangi

Ulandarai, Putri (2022) Peran Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Dalam Mewujudkan Kreativitas Di Kampungkopi Desa Gombengsari Kecamatan Kalipuro Kabupaten Banyuwangi. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
PUTRI ULANDARAI_E20182029.pdf

Download (2MB)

Abstract

Putri Ulandarai, Muhammad Saiful Anam,M,Ag., 2022: Peran Kelompok Sadar Wisata (POKDARWIS) dalam Mewujudkan Kreativitas di Kampung Kopi Desa Gombengsari Kecamatan Kalipuro Kabupaten Banyuwangi.
Terbentuknya kelompok sadar wisata (pokdarwis) banyak pemuda setempat yang terpilih menjadi anggota, pokdarwis memiliki peran kepedulian dan tanggung jawab serta berperan sebagai penggerak untuk menciptakan iklim yang kondusif bagi berkembangnya kepariwisataan di wilayah Gombengsari.
Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana peran pokdarwis dalam mewujudkan kreativitas di kampung kopi Gombengsari Kecamatan Kalipuro Kabupaten Banyuwangi? 2) Bagaimana pendapatan masyarakat setelah kehadiran pokdarwis Gombengsari Kecamatan Kalipuro Kabupaten Banyuwangi?
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Untuk mengetahui peran pokdarwis dalam mewujudkan kreativitas di kampung kopi Gombengsari Kecamatan Kalipuro Kabupaten Banyuwangi. 2) Untuk mengetahui pendapatan masyarakat setelah kehadiran pokdarwis Gombengsari Kecamatan Kalipuro Kabupaten Banyuwangi.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penentuan subjek penelian menggunakan tektik purposive, serta teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini yaitu: 1) Peran pokdarwis dalam mewujudkan kreativitas di kampung kopi Gombengsari yaitu: a) Memperkenalkan, melestarikan dan memanfaatkan potensi pariwisata di Gombengsari dan menggalih sebuah potensi daerah. b) Mengelola pariwisata di Gombengsari seperti mengelola pohon pinus, air terjun, puncak asmoro dan juga mengelola umkm. 2) Pendapatan masyarakat setelah kehadiran pokdarwis di Gombengsari sangat meningkat dengan berkembangnya pariwisata di Gombengsari sehingga pendapatan masyarakat khususnya pemilik umkm kedai-kedai kopi dan umkm susu kambing.

Kata kunci: Peran pokdarwis, Kreativitas, Pendapatan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140216 Tourism Economics
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1506 Tourism > 150604 Tourism Marketing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Mrs Putri Ulandarai
Date Deposited: 25 Nov 2022 03:10
Last Modified: 25 Nov 2022 03:10
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/15334

Actions (login required)

View Item View Item