FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI FINANCIAL DISTRESS DENGAN MENGGUNAKAN METODE ALTMAN Z-SCORE PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR

Evayanti, Amelia (2022) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI FINANCIAL DISTRESS DENGAN MENGGUNAKAN METODE ALTMAN Z-SCORE PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR. Undergraduate thesis, UIN KH. Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Amelia Evayanti_E20183128.pdf

Download (2MB)

Abstract

Amelia Evayanti, Ana Pratiwi, 2022: Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Financial Distress Dengan Menggunakan Metode Altman Z-Score Pada Perusahaan Manufaktur.

Pendirian perusahaan diharapkan terus berjalan dan dapat bertahan dalam rentan waktu yang panjang dan tidak terbatas. Seiring dengan keberlangsungan usaha, sebelum terjadi likuidasi atau yang kita kenal dengan kebangkrutan, perusahaan akan mengalami suatu kondisi dimana keuangan suatu perusahaan menghadapi tahapan penurunan keuangan yang disebut financial distress. Metode Altman Z-Score adalah salah satu metode untuk menganalisis suatu kondisi kesehatan keuangan dalam suatu perusahaan, pentingnya metode ini yaitu salah satunya digunakan untuk memprediksi financial distress dan untuk diperhatikan sebagai pertimbangan dalam pengambilan keputusan.
Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: (1) Apakah working capital to total assets berpengaruh terhadap financial distress? (2) Apakah retained earnings to total assets berpengaruh terhadap financial distress? (3) Apakah earnings before interest and taxes to total assets berpengaruh terhadap financial distress? (4) Apakah market value of equity to book value of total liabilities berpengaruh terhadap financial distress? (5) Apakah sales to total assets berpengaruh terhadap financial distress?
Tujuan dalam penelitian ini yaitu: (1) Untuk mengetahui pengaruh working capital to total assets, (2) Untuk mengetahui pengaruh retained earnings to total assets, (3) Untuk mengetahui pengaruh earnings before interest and taxes to total assets, (4) Untuk mengetahui pengaruh market value of equity to book value of total liabilities, (5) Untuk mengetahui pengaruh sales to total assets terhadap financial distress.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan analisis deskriptif. Populasi penelitian ini yaitu seluruh perusahaan manufaktur sebanyak 74 perusahaan dengan penarikan sampel menggunakan metode purposive sampling. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda dengan menggunakan bantuan Ms. Exel dan SPSS versi 26.
Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) working capital to total assets berpengaruh terhadap financial distress, (2) retained earnings to total assets berpengaruh terhadap financial distress, (3) earnings before interest and taxes to total assets berpengaruh terhadap financial distress, (4) market value of equity to book value of total liabilities berpengaruh terhadap financial distress, (5) sales to total assets berpengaruh terhadap financial distress.

Kata Kunci: Altman Z-Score, financial distress.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1501 Accounting, Auditing and Accountability > 150101 Accounting Theory and Standards
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1501 Accounting, Auditing and Accountability > 150103 Financial Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah
Depositing User: Amelia Evayanti
Date Deposited: 25 Nov 2022 07:53
Last Modified: 25 Nov 2022 07:53
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/15337

Actions (login required)

View Item View Item