Implementasi Pembangunan Ekonomi Berbasis SDGs Melalui Pengembangan Eco Food Pada Kawasan Rumah Pangan Lestari Di Desa Binor Kecamatan Paiton Kabupaten Probolinggo

Diana, Lutfi Rifa (2022) Implementasi Pembangunan Ekonomi Berbasis SDGs Melalui Pengembangan Eco Food Pada Kawasan Rumah Pangan Lestari Di Desa Binor Kecamatan Paiton Kabupaten Probolinggo. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Lutfi Rifa Diana _ E20182025.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK
Lutfi Rifa Diana, Dr. Nikmatul Masruroh, S.H.I., M.E.I. 2022: Implementasi Pembangunan Ekonomi Berbasis SDGs Melalui Pengembangan Eco Food Pada Kawasan Rumah Pangan Lestari di Desa Binor Kecamatan Paiton Kabupaten Probolinggo
Pengembangan Ecological Food (Eco Food) adalah suatu objek yang dilakukan dengan baik akan menghasilkan pendapatan ekonomi yang baik juga untuk masyarakat. Pengembangan eco food terjadi karena adanya dukungan dari PT. PJB UP Paiton. Desa Binor membuat program Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL). Dari adanya program tersebut masyarakat diprogram untuk satu rumah satu Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) supaya eco food menjadi lebih berkembang. Dibentuknya program tersebut untuk membantu perekonomian masyarakat setempat yang Berbasis Sustainable Development Goals (SDGs) dan adanya perkembangan Eco Food Desa Binor ini dapat mengatasi ekonomi keluarga yang kekurangan.
Berdasarkan latar belakang di atas, maka peneliti memfokuskan penelitian dengan lingkup yaitu : 1. Bagaimana pengembangan Eco Food pada Kawasan Rumah Pangan Lestari di Desa Binor Kecamatan Paiton Kabupaten Probolinggo?, 2. Bahamian implementasi pembangunan ekonomi berbasis SDGs melalui pengembangan Eco Food Pada Kawasan Rumah Pangan Lestari di Desa Binor Kecamatan Paiton Kabupaten Probolinggo ?.
Tujuan peneliti pada penelitian ini adalah : 1. Mendeskripsikan pengembangan eco food pada Kawasan Rumah Pangan Lestari di Desa Binor Kecamatan Paiton Kabupaten Probolinggo., 2. Mendeskripsikan pembangunan ekonomi berbasis SDGs melalui pengembangan eco food pada Kawasan Rumah Pangan Lestari di Desa Binor Kecamatn Paiton Kabupaten Probolinggo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Dalam menentukan informan peneliti menggunakan teknik purposive yaitu pertimbangan dalam memilih informan yang dianggap mengetahui informasi terkait dengan permasalahn yang akan diteliti. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawncara, dan dokumentasi
Hasil dari penelitian ini adalah: 1. Pengembangan Eco Food pada Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) melalu proses diantaranya, mengadakan lomba berseri, rapat antar anggota PKK dan Kepala Desa, mengadakan Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL), memprogram masyarakat Desa Binor untuk satu rumah satu Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL), dari hasil budidaya tanaman sayuran itu bisa dijual, produksi stik sayur 2. Pembangunan ekonomi berbasis Sustainale Development Goal (SDGs) Desa Binor Kecamatan Paiton Kabupaten Probolinggo menggunakan 3 tahap untuk tahap yang dijalankan untuk membangun ekonomi diantaranya, perubahan struktur ekonomi, adanya perkembangan teknologi, serta adanya peningkatan kesejahteraan yang merata.
Kata Kunci: Pembangunan ekonomi, Pengembangan eco food, Program Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1403 Econometrics > 140303 Economic Models and Forecasting
14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149902 Ecological Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Lutfi Diana
Date Deposited: 25 Nov 2022 01:53
Last Modified: 25 Nov 2022 01:53
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/15341

Actions (login required)

View Item View Item