Pengembangan bahan ajar berbasis pocket book dalam pembelajaran IPS pada tema kehidupan masyarakat masa islam kelas VII di MTs Negeri 6 Banyuwangi tahun pelajaran 2021/2022

Maulidah, Isrofatul (2022) Pengembangan bahan ajar berbasis pocket book dalam pembelajaran IPS pada tema kehidupan masyarakat masa islam kelas VII di MTs Negeri 6 Banyuwangi tahun pelajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, UIN KH. Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
ISROFATUL MAULIDAH-T20189006.pdf

Download (13MB)

Abstract

Isrofatul Maulidah, 2022: Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Pocket Book dalam Pembelajaran IPS pada Tema Kehidupan Masyarakat Indonesia Masa Islam Kelas VII di MTs Negeri 6 Banyuwangi Tahun Pelajaran 2021/2022.

Kata Kunci: Pengembangan bahan ajar, Pocket Book, Pembelajaran IPS

Kurangnya inovasi guru dalam mengembangkan bahan ajar dan kurang efektifnya penggunaan bahan ajar dalam pembelajaran IPS menjadi masalah pembelajaran bagi peserta didik. Hal ini membuat belajar peserta didik yang kurang maksimal. Mata pelajaran IPS cukup sulit dipahami dan membosankan karena materi yang dibaca sangat banyak dan bahan ajar relatif lebar, terbatas dan tebal, sehingga sulit untuk dibawa kemana saja. Masalah lain peserta didik ada pula yang hanya datang, duduk, diam sedih atau tampak bermalas-malasan. Pemilihan bahan ajar yang tersedia tergantung pada persoalan yang ada dalam proses pembelajaran. Bahan ajar Pocket Book yang kemudian dikembangkan dalam membantu proses pembelajaran IPS yang lebih efektif, kreatif, dan inovatif.

Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana validitas Bahan Ajar Pocket Book mata pelajaran IPS pada tema Kehidupan Masyarakat Indonesia Masa Islam kelas VII di MTs Negeri 6 Banyuwangi tahunpelajaran 2021/2022, 2) Bagaimana keefektifan Bahan Ajar Pocket Book mata pelajaran IPS pada tema Kehidupan Masyarakat Indonesia Masa Islam kelas VII di MTs Negeri 6 Banyuwangi tahun pelajaran 2021/2022.

Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mengetahui validitas Bahan Ajar Pocket Book mata pelajaran IPS pada tema Kehidupan Masyarakat Indonesia Masa Islam kelas VII di MTs Negeri 6 Banyuwangi tahun pelajaran 2021/2022. 2) Mengetahui keefektifan Bahan Ajar Pocket Book mata pelajaran IPS pada tema Kehidupan Masyarakat Indonesia Masa Islam kelas VII di MTs Negeri 6 Banyuwangi tahun pelajaran 2021/2022.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model yang menjadi acuan dalam penelitian dan pengembangan ini adalah model 4-D oleh Thiagarajan. Instrumen pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, tes, dan angket. Penjelasan mengenai validitas produk bahan ajar Pocket Book menggunakan angket yang di uji oleh ahli validasi. Sedangkan keefektifan produk bahan ajar menggunakan desain pretest dan posttest.

Hasil penelitian menunjukkan yaitu: 1) Terwujudnya bahan ajar Pocket Bookpada tema Kehidupan Masyarakat Indonesia Masa Islam yang menunjukkan kevalidan Pocket Book pada aspek desain oleh ahli desain sebesar 76% kategori valid, pada aspek bahasa oleh ahli bahasa sebesar 86% kategori sangat valid, dan pada aspek materi olehahli materi sebesar 92% kategori sangat valid, 2) Bahan ajar Pocket Book di kategorikan efektif meningkatkan pengetahuan peserta didik pada tema Kehidupan Mayarakat Indonesia Masa Islam melalui uji coba pretest dan posttest dengan memperoleh hasil uji coba skala kecil sebesar 76,92% dan uji coba skala besar sebesar 83,62%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Isrofatul Maulidah
Date Deposited: 28 Nov 2022 00:38
Last Modified: 28 Nov 2022 00:38
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/15345

Actions (login required)

View Item View Item