Upaya membentuk Akhlak Santri Melalui Pembelajaran Kitab Taysirul Khollaq di Pondok Pesantren Al-Mubarok Ash-Shiddiqi Balung Tahun 2022

Nafa Ulan, Fitri Ayu (2022) Upaya membentuk Akhlak Santri Melalui Pembelajaran Kitab Taysirul Khollaq di Pondok Pesantren Al-Mubarok Ash-Shiddiqi Balung Tahun 2022. Undergraduate thesis, UIN KH. achmad Siddiq Jember.

[img] Text
FITRI AYU NAFA ULAN_T20181174_Watermark (1).pdf

Download (4MB)

Abstract

Fitri Ayu Nafa Ulan, 2022 “Upaya Membentuk Akhlak Santri Melalui Pembelajaran Kitab Taysirul Khollaq di Pondok Pesantren Al-Mubarok Ash-Shiddiqi Balung Tahun 2022”.
Kata Kunci: Akhlak, Taysirul Khollaq
Perkembangan zaman pada era milenial mengalami peningkatan yang signifikan, ditinjau dari segi pendidikan, lingkungan, maupun teknologi. Termasuk akhlak sangat diperlukan dalam membentuk seorang anak berkepribadian yang baik, dalam upaya membentuk akhlak, tidak terlepas dari faktor lingkungan dan pembiasaan yang baik di dalamnya. Sebaik-baik tempat belajar untuk memperbaiki akhlak seorang anak yaitu di pondok pesantren. Karakter seorang anak atau santri akan terbentuk dilihat dari kebiasan-kebiasaan baik yang dia lakukan di dalam pondok pesantren, selain dari segi lingkungan yang mendukung ada juga beberapa kitab pembelajaran yang membentuk kebiasaan berakhlak baik bagi seorang santri maupun seorang guru. Di antara kitab-kitab yang diterapkan salah satunya yaitu kitab Taysirul Khollaq yang mencangkup akhlak sesuai anjuran Agama Islam.
Fokus yang dikaji dalam penelitian ini sebagai berikut 1) Bagaimana upaya membentuk akhlak santri dari aspek hubungannya dengan orang lain melalui pembelajaran kitab Taysirul Khollaq di Pondok Pesantren Al-Mubarok Ash-Shiddiqi Balung tahun 2022? 2) Apa saja kendala dalam upaya membentuk akhlak santri melalui pembelajaran kitab Taysirul Khollaq di Pondok Pesantren Al-Mubarok Ash-Shiddiqi Balung Tahun 2022?
Tujuan penelitian ini sebagai berikut 1) Mendeskripsikan upaya membentuk akhlak santri dari aspek hubungannya dengan orang lain melalui pembelajaran kitab Taysirul Khollaq di Pondok Pesantren Al-Mubarok Ash-Shiddiqi Balung tahun 2022. 2) Mendeskripsikan kendala dalam upaya membentuk akhlak santri melalui pembelajaran kitab Taysirul Khollaq di Pondok Pesantren Al-Mubarok Ash-Shiddiqi Balung Tahun 2022
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model Matthew B. Miles dan A. Michael Huberman, yaitu berupa Reduksi Data, Penyajian Data dan kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi sumber dan teknik.
Hasil Penelitian ini sebagai berikut 1) Upaya membentuk akhlak santri dari aspek hubungannya dengan orang lain melalui pembelajaran kitab Taysirul Khollaq di Pondok Pesantren Al-Mubarok Ash-Shiddiqi Balung meliputi metode ceramah, bandongan, praktek serta selalu mengaitkan dalam sejarah Nabi Muhammad Saw, dan penerapan upaya membentuk akhlak melalui program atau kegiatan pendukung yaitu santri berbagi dan peduli lingkungan. 2) Kendala dalam upaya membentuk akhlak santri melalui pembelajaran kitab Taysirul Khollaq yaitu etika santri yang kurang baik, pelanggaran-pelanggaran yang dilakukan santri.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Depositing User: Ms Fitri Ayu Nafa Ulan
Date Deposited: 25 Nov 2022 08:06
Last Modified: 25 Nov 2022 08:06
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/15347

Actions (login required)

View Item View Item