Pengaruh Diversifikasi Akad dan Restrukturisasi terhadap Risiko Pembiayaan Sebelum dan Selama Masa Pandemi Covid-19 pada Bank Umum Syariah

Mutmainah, Sofiatul (2022) Pengaruh Diversifikasi Akad dan Restrukturisasi terhadap Risiko Pembiayaan Sebelum dan Selama Masa Pandemi Covid-19 pada Bank Umum Syariah. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
SOFIATUL MUTMAINAH_E20181105.pdf

Download (2MB)

Abstract

Sofiatul Mutmainah, Nur Hidayat, S.E, M.M 2022: Pengaruh Diversifikasi Akad dan Restrukturisasi Terhadap Risiko Pembiayaan Sebelum dan Selama Masa Pandemi Covid-19 Pada Bank Umum Syariah

Covid-19 meluluhlantahkan keadaan ekonomi negara Indonesia, satu dari sektor yang terimbas mewabahnya covid-19 adalah sektor perbankan. Bank yang merupakan lembaga intermediasi dengan salah satu tugas utamanya dalam penyaluran kredit atau pembiayaan, tidak semua nasabah dapat mengembalikan dengan benar dan tepat waktu. Hal ini kemudian bisa memicu keadaan kredit jadi bermasalah atau bahkan macet biasa diklaim Non Performing Financing (NPF) di Bank Syariah.
Menjadi fokus penelitian pada skripsi diataranya: 1) Apakah diversifikasi akad berpengaruh signifikan terhadap risiko pembiayaan sebelum dan selama masa pandemi Covid-19? 2) Apakah restruktirisasi pembiayaan berpengaruh signifikan terhadap risiko pembiayaan sebelum dan selama masa pandemi Covid-19? 3) Apakah diversifikasi akad dan restrukturisasi pembiayaan berpengaruh signifikan terhadap risiko pembiayaan sebelum dan selama masa pandemi Covid-19?
Tujuan daripada penelitian yaitu guna menganalisis pengaruh diversifikasi akad dan restrukturisasi pembiayaan terhadap risiko pembiayaan yang di proxy oleh rasio NPF sebelum dan selama masa pandemi covid-19 baik secara parsial maupun secara simultan.
Dalam mengidentifikasi permasalahan tersebut, peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif yang dianalisis menggunakan panel data regression (regresi data panel) untuk menggali hubungan kausal antara diversifikasi akad dan restrukturisasi pembiayaan terhadap risiko pembiayaan sebelum dan selama masa pandemi covid-19. Analisis dipilih guna mengamati sebagian unit observasi yakni berbentuk data laporan keuangan tahunan dari bank umum syariah di Indonesia yang diamati pada kurun saat sebelum serta sepanjang masa pandemi covid- 19 ialah periode 2017 hingga dengan 2021.
Hasil dari penelitian ini menyatakan jika: 1) Diversivikasi akad secara parsial berpengaruh tetapi tidak signifikan terhadap rasio NPF sebelum dan selama masa pandemi covid-19 dengan nilai probabilitas t-statistic sebesar 0.0763 > 0.05. 2) Restrukturisasi pembiayaan secara parsial berpengaruh tetapi tidak signifikan terhadap rasio NPF sebelum dan selama masa pandemi covid-19 dengan nilai probabilitas t-statistic 0.7258 > 0.05. 3) Diversifikasi akad dan restrukturisasi pembiayaan secara simultan berpengaruh tetapi tidak signifikan terhadap rasio NPF Bank Umum Syariah sebelum dan selama masa pandemi covid-19 dengan nilai probabilitas F-statistic 0.241665 > 0.05.

Kata Kunci: Diversifikasi Akad, Restrukturisasi Pembiayaan, Rasio NPF

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140207 Financial Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Ms Sofiatul Mutmainah
Date Deposited: 25 Nov 2022 08:46
Last Modified: 25 Nov 2022 08:46
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/15350

Actions (login required)

View Item View Item