MODEL KEMITRAAN DAN BAGI HASIL AKAD MUDHARABAH DALAM PERSPEKTIF ETIKA BISNIS ISLAM DAN KEARIFAN LOKAL (STUDI KASUS PETANI UBI JALAR DI DESA PANTI, KECAMATAN PANTI, KABUPATEN JEMBER)

Hoirur Rofiq, Muhammad Lutfi (2022) MODEL KEMITRAAN DAN BAGI HASIL AKAD MUDHARABAH DALAM PERSPEKTIF ETIKA BISNIS ISLAM DAN KEARIFAN LOKAL (STUDI KASUS PETANI UBI JALAR DI DESA PANTI, KECAMATAN PANTI, KABUPATEN JEMBER). Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Lutfi watermak.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Muhammad Lutfi Hoirur Rofiq, 2022: Model Kemitraan dan Bagi Hasil Akad Mudharabah dalam Perspektif Etika Bisnis Islam dan Kearifan Lokal (Studi Kasus Petani Ubi Jalar Di Desa Panti, Kecamatan Panti, Kabupaten Jember).

Kata kunci: Kemitraan, Akad Mudharabah, Etika Bisnis

Penyaluran pembiyaan Mudharabah di sektor pertanian kepada masyarakat guna meningkatkan kesejahteraan ekonomi. salah satunya ialah petani di Desa Panti yang menjalankan sistem akad mudharabah. Namun dalam pelaksanaannya terdapat permasalahan yaitu pengepul (pemodal) mengalami kerugian. Hal ini disebabkan oleh 2 faktor : 1) perubahan harga pasar, 2) hasil panen rusak.
Fokus Penelitian dalam penelitian ini terdiri : 1) Bagaimana proses kemitraan dalam menggunakan Akad Mudharabah pada petani ubi jalar di Desa Panti? 2) Bagaimana efisiensi biaya setelah menggunakan model kemitraan pada petani ubi jalar di Desa Panti? 3) Bagaimana implikasi akad mudharabah pada model kemitraan petani ubi jalar di Desa Panti dengan tinjauan Etika Bisnis Islam dan Kearifan Lokal?.
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui proses kemitraan dalam menggunakan Akad Mudharabah pada petani ubi jalar di Desa Panti 2) Untuk mengetahui efisiensi biaya setelah menggunakan model kemitraan pada petani ubi jalar di Desa Panti 3) Untuk mengetahui implikasi akad mudharabah pada model kemitraan petani ubi jalar di Desa Panti dengan tinjauan Etika Bisnis Islam dan Kearifan Lokal.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitiannya menggunakan penelitian deskriptif. Penentuan subyek penelitian ini menggunakan teknik Purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun analisis data menggunakan deskriptif kualitatif sesuai teori Milles dan Hubermen, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Penelitian ini sampai pada kesimpulan bahwa: 1) Penerapan akad Mudharabah yang dilakukan oleh petani Ubi di Desa Panti sudah sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan dengan ditinjau dari perspektif etika bisnis dan kearifan lokal, 2) penerapan akad mudharabah sangat efisien dan efektif dalam pembiyaan atau permodalan pertanian di Desa Panti, 3) Implikasi akad mudharabah pada model kemitraan petani ubi jalar di Desa Panti dengan tinjauan Etika Bisnis Islam Etika bisnis islam dalam Akad Mudharabah hadir sebagai wujud antisipasi terhadap kecurangan dalam dunia bisnis, utamanya pada kerja sama petani dengan pengepul ubi jalar di Desa Panti.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140101 History of Economic Thought
Depositing User: Hoirur Rofiq Muhammad Lutfi
Date Deposited: 28 Nov 2022 00:42
Last Modified: 28 Nov 2022 00:42
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/15351

Actions (login required)

View Item View Item