Implementasi SAK ETAP pada Laporan Keuangan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Di Desa Balung Kulon Jember

NURUN NAVILA, DESI (2022) Implementasi SAK ETAP pada Laporan Keuangan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Di Desa Balung Kulon Jember. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
DESI NURUN NAVILA_E20183125.pdf

Download (3MB)

Abstract

Desi Nurun Navila, Dr. Nur Ika Mauliyah, S.E., M.Ak., 2022: Implementasi SAK ETAP pada Laporan Keuangan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Di Desa Balung Kulon.

Bumdes harus memperhatikan dengan jelas standar akuntansi keuangan yang digunakan dalam menyusun laporan keuangan. Standar Akuntansi Keuangan Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik menjadi salah satu kunci dari kesuksesan suatu entitas termasuk Bumdes. Termasuk pada Bumdes Karya Mandiri yang menerapkan SAK ETAP pada laporan keuangan yang disusun setiap satu periode. Dimana hal ini akan menguntungkan bukan hanya pengurus Bumdes namun juga sangat menguntungkan bagi masyarakat Desa Balung Kulon. Dalam keuntungan tersebut masyarakat juga ikut andil dalam setiap berjalannya pengelolaan Bumdes.
Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini yaitu: 1) Bagaimana penerapan SAK ETAP pada laporan keuangan Bumdes Karya Mandiri? 2) Apakah penerapan SAK ETAP pada laporan keuangan Bumdes telah sesuai dengan standar akuntansi keuangan?
Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui bagaimana penerapan SAK ETAP pada laporan keuangan Bumdes Karya Mandiri. 2) Untuk mengetahui apakah penerapan SAK ETAP telah sesuai dengan standar akuntansi keuangan.
Dalam metode penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi lapangan. Pengumpulan data dalam penelitian ini dengan teknik wawancara dan dokumentasi. Pemilihan subjek penelitian menggunakan teknik purposive dengan penentuan informan yang disesuaikan. Analisis data menggunakan triangulasi data.
Hasil kesimpulan dari penelitian ini yaitu 1) Bumdes telah menerapkan SAK ETAP pada setiap laporan keuangan pada setiap periode. Namun penerapan tersebut belum sesuai dengan sepenuhnya karena Bumdes hanya menyajikan 4 laporan keuangan,tetapi tidak menyajikan catatan akhir laporan keuangan. 2) Dalam laporan keuangan neraca dan laba rugi terdapat pos-pos yang tidak tercatat oleh Bumdes dalam laporan keuangan pada periode terakhir.

Kata kunci: Laporan Keuangan, SAK ETAP, BUMDes

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140207 Financial Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah
Depositing User: Ms. DESI NURUN
Date Deposited: 28 Nov 2022 01:00
Last Modified: 28 Nov 2022 01:00
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/15360

Actions (login required)

View Item View Item