PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI MENGGUNAKAN MULTIMEDIA KELAS VII DI SMP NEGERI 3 SITUBONDO

Nafisa, Lailatun (2022) PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI MENGGUNAKAN MULTIMEDIA KELAS VII DI SMP NEGERI 3 SITUBONDO. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Islam Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
WATERMARK II.pdf

Download (3MB)

Abstract

Lailatun Nafisa, 2022: “Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti menggunakan Multimedia kelas VII di SMP Negeri 3 Situbondo”.

Revolusi era pada saat ini telah menyusup pada berbagai bidang terutama pada bidang Pendidikan. Problem-problematika yang sering dialami lembaga pendidikan formal,dizaman ini dan diera digital sangatlah berat, apalagi pendidikan formal yang berbasis islami. Untuk itu Guru diharapkan membuat gerekan-gerakan inovasi baru dalam mencetak generasi bangsa yang baik sesuai tuntutan zaman.
Fokus penelitian yang diteliti pada sikripsi ini adalah: 1) Perencanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAI dan BP) Menggunakan Multimedia kelas VII di SMP Negeri 3 Situbondo 2) Pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAI dan BP) Menggunakan Multimedia kelas VII di SMP Negeri 3 Situbondo.
Tujuan penelitian ini: 1) Untuk Mendeskripsikan Perencanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti menggunakan Multimedia kelas VII di SMP Negeri 3 Situbondo. 2) Untuk Mendeskripsikan Pelaksanaan pembelajaran PAI dan BP Menggunakan Multimedia kelas VII di SMP Negeri 3 Situbondo.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan pemilihan subyek penelitian purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan tiga yaitu: obeservasi, dokumentasi dan wawancara. Serta keabsahan datanya menggunakan triangulasi yaitu: triangulasi teknik dan triangulasi sumber.
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: 1) Perencanaan pembelajaran PAI dan BP Menggunakan Multimedia kelas VII di SMP Negeri 3 Situbondo. Guru PAI dan BP sebelum pelaksaan pembelajaran dimulai ada target yang harus dicapai diantaranya dengan membuat rencana pelasanaan pembelajaran (RPP) agar membantu menciptakan kegiatan belajar dan mengajar secara kondusif. Guru PAI dan BP juga membuat media pembelajaran yang mana disiapkan sebelum mengajar agar alat yang dibutuhkan bisa menunjang suksesnya sebuah proses pembelajaran dan juga dapat membantu siswa dalam mengatasi kesulitan dalam memahami pembelajaran. Guru PAI dan BP juga menbuat evaluasi pembelajaran ini juga bisa membantu guru dalam mengajar sehingga dapat melihat untuk pengajaran sudah tercapai atau masih belum. 2) Pelaksanaan pembelajaran PAI dan BP Menggunakan Multimedia kelas VII di SMP Negeri 3 Situbondo dan guru PAI dan BP di SMP Negeri 3 Situbondo ini setelah penyampaian materi dengan bantuan media yang sudah disediakan oleh sekolah dan juga yang sudah dipersiapkan oleh guru lalu ada diskusi kelompok yang membahas tentang meteri yang sudah di ajarkan oleh guru dan juga ada pembahasan ulang yang dilaukan oleh guru sebelum pelajaran berakhir dan adanya perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran PAI dan BP yang dilaksanakan di kelas pada waktu pembelajaran PAI dan BP yang bertemakan sesuai dengan materi yang diajarkan pada hari itu.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220406 Studies in Eastern Religious Traditions
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Lailatun Nafisa
Date Deposited: 25 Nov 2022 07:42
Last Modified: 25 Nov 2022 07:42
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/15374

Actions (login required)

View Item View Item