Internalisasi Nilai-nilai Karakter Religius Santri Melalui Kegiatan Dzikir Ratib Al-Haddad di Pondok Pesantren Al-Huda Songgon Banyuwangi

Salsabila, Malika Saly (2022) Internalisasi Nilai-nilai Karakter Religius Santri Melalui Kegiatan Dzikir Ratib Al-Haddad di Pondok Pesantren Al-Huda Songgon Banyuwangi. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SALY MALIKA SALSABILA_T20181281.pdf

Download (3MB)

Abstract

Pembentukan karakter dan akhlak saat ini menjadi sesuatu yang penting untuk dilakukan. Salah satunya dengan cara menginternalisasikan nilai-nilai karakter religius, yang pada dasarnya berfungsi untuk membentuk karakter dan menjadikan pribadi yang lebih baik, serta melekatkan nilai-nilai religius pada santri. Untuk membentengi santri-santrinya dari persoalan terkait dengan karakter, maka Pondok Pesantren Al-Huda berupaya untuk membina dan membentuk karakter santrinya, salah satunya dengan menginternalisasikan nilai-nilai karakter religius melalui kegiatan dzikir Ratib Al-Haddad.
Fokus Penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaiamana Internalisasi Nilai-nilai Karakter Religius Santri melalui Kegiatan Dzikir Ratib Al-Haddad di Pondok Pesantren Al-Huda Songgon Banyuwangi, 2) Bagaimana Dampak Kegiatan Dzikir Ratib Al-Haddad Terhadap Internalisasi Nilai-nilai Karakter Religius Santri di Pondok Pesantren Al-Huda Songgon Banyuwangi.
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan Internalisasi Nilai-nilai Karakter Religius Santri Melalui Kegiatan Dzikir Ratib Al-Haddad di Pondok Pesantren Al-Huda Songgon Banyuwangi, 2) Mendeskripsikan Dampak Kegiatan Dzikir Ratib Al-Haddad Terhadap Internalisasi Nilai-nilai Karakter Religius Santri di Pondok Pesantren Al-Huda Songgon Banyuwangi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis
penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik obeservasi, wawancara dan dokumentasi.Teknik analisis yang digunakan adalah pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil dari penelitian ini yaitu:1) Melalui kegiatan dzikir Ratib Al-Haddad, nilai-nilai religius dapat ditanamkan yaitu nilai ibadah, nilai keteladanan, nilai ikhlas. 2) Dampak dari kegiatan dzikir Ratib Al-Haddad memberikan dampak yang positif dalam penanaman nilai-nilai karakter religius santri, antara lain santri disiplin, taat dan patuh terhadap guru, beratanggung jawab, santri menjadi penyabar, meningkatkan keimanan santri, ketakwaan santri, menjadikan santri mudah ditata serta tidak mudah melanggar peraturan Pondok Pesantren.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Saly Malika Salsabila Saly
Date Deposited: 28 Nov 2022 06:56
Last Modified: 28 Nov 2022 06:56
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/15385

Actions (login required)

View Item View Item