Manajemen Kepemimpinan Dalam Mengetahui Kualitas Kerja Pegawai Di Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Maron Kabupaten Probolinggo

Yakin, Chairul (2022) Manajemen Kepemimpinan Dalam Mengetahui Kualitas Kerja Pegawai Di Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Maron Kabupaten Probolinggo. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
CHAIRUL YAKIN_D20184035.pdf

Download (1MB)

Abstract

Chairul Yakin, 2022: Manajemen Kepemimpinan Dalam Mengetahui Kualitas Kerja Pegawai Di Kantor Urusan Agama (Kua) Kecamatan Maron Kabupaten Probolinggo
Manajemen kepemimpinan merupakan salah satu komponen yang sangat penting dalam kepemimpinan di sebuah lembaga. Seorang kepala atau pemimpin, berperan penting dalam peningkatan kualitas SDM bawahannya. Sebagai seorang pemimpin, sangat dibutuhkan keberadaannya, karena erat kaitannya dengan cara ia memimpin (leadership). Pemimpin juga dapat menentukan arah akan dituju. Dengan kekuasaan nya, pemimpin bisa mewujudkan tujuan organisasi.
Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah : Pertama, bagaimana manajemen kepemimpinan KUA Kecamatan Maron Kabupaten Probolinggo ?. Kedua, apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam Manajemen kepemimpinan di KUA Kecamatan Maron Kabupaten Probolinggo ?. Ketiga, bagaimana kualitas kerja pegawai di KUA Kecamatan Maron Kabupaten Probolinggo?. Sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi manajemen kepemimpinan yang digunakan oleh kepala KUA Kecamatan Maron Kabupaten Probolinggo dalam meningkatkan kualitas kerja pegawai nya.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif-deskriptif. Subjek penelitiannya menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini ialah menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan dalam keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi data.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Manajemen Kepemimpinan dalam Meningkatkan Kualitas Kerja Pegawai di KUA Kecamatan Maron Kabupaten Probolinggo, ialah: Menggunakan prinsip manajemen kepemimpinan Uswatun Hasanah, mengenali dan mendistribusikan pekerjaan sesuai potensi masing-masing pegawai, menjalin komunikasi dan kerja sama yang baik dengan pegawai, pemberian motivasi dan pendampingan kerja kepada pegawai. Faktor Pendukung Kepemimpinan KUA Kecamatan Maron adalah sebagai berikut : 1). Memiliki kesamaan motivasi. Meskipun ada perbedaan status kepegawaian dan jabatan, 2). Mendapatkan kompensasi dari pimpinan. Sedangkan faktor penghambat ialah : Kurangnya fasilitas kantor seperti penyediaan komputer/PC dan tidak adanya akses internet, pegawai kurang memahami ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK). Kualitas Kerja Pegawai KUA Kecamatan Maron Kabupaten Probolinggo adalah sebagai berikut : 1). Melakukan pekerjaan sesuai dengan tugas dan fungsinya masing-masing, 2). Kerja tepat waktu atau disiplin, 3). Adanya saling bahu-membahu atau saling bekerja sama, 4). Komunikasi yang efektif, 5). Meningkatnya potensi setiap pegawai.
Kata Kunci : Manajemen Kepemimpinan, Kualitas Kerja Pegawai, KUA Kecamatan Maron Kabupaten Probolinggo

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1607 Social Work > 160703 Social Program Evaluation
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2099 Other Language, Communication and Culture > 209999 Language, Communication and Culture not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: Man Chairul Yakin
Date Deposited: 28 Nov 2022 07:14
Last Modified: 28 Nov 2022 07:14
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/15393

Actions (login required)

View Item View Item