PRODUKTIVITAS TENAGA KERJA DALAM MENGHASILKAN IKAN BERKUALITAS DI CV PUTRA BANGSAWAN KECAMATAN MUNCAR KABUPATEN BANYUWANGI

Sakdiyah, Halimatus (2022) PRODUKTIVITAS TENAGA KERJA DALAM MENGHASILKAN IKAN BERKUALITAS DI CV PUTRA BANGSAWAN KECAMATAN MUNCAR KABUPATEN BANYUWANGI. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI HALIMAH FIKS BANGET.pdf

Download (3MB)

Abstract

Halimatus Sakdiyah, Dr. Nurul Widyawati Islami Rahayu., M.Si 2022:
Produktivitas Tenaga Keja Dalam Menghasilkan Ikan Yang Berkualitas di CV Putra
Bangsawan Kecamatan Muncar Kabupaten Banyuwangi.
Produktivitas tenaga kerja merupakan sikap mental yang dilandasi kerja hari ini harus lebih baik daripada hari kemarin dan hari esok harus lebih baik lagi. Perlunya produktivitas tenaga kerja dalam dunia bisnis adalah untuk mengukur target produksi dan kemampuan bersaing dalam sebuah perusahaan. Oleh karena itu, tenaga kerja memiliki peranan besar dalam mengukur sebuah produktivitas agar tujuan perusahaan dapat tercapai dengan baik.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) bagaimana cara menghasilkan ikan berkualitas di CV Putra Bangsawan Kecamatan Muncar Kabupaten Banyuwangi? 2) bagaimana produktivitas tenaga kerja dalam menghasilkan ikan yang berkualitas di CV Putra Bangsawan Kecamatan Muncar Kabupaten Banyuwangi?.
Adapun tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk mendeskripsikan cara menghasilkan ikan berkualitas di CV Putra Bangsawan Kecamatan Muncar Kabupaten Banyuwangi. 2) untuk mendeskripsikan produktivitas tenaga kerja dalam menghasilkan ikan yang berkualitas di CV Putra Bangsawan Kecamatan Muncar Kabupaten Banyuwangi.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian
field reseach (penelitian lapangan). Adapun lokasi penelitian ini di Desa
Kedungrejo Kecamatan Muncar Kabupaten Banyuwangi. Untuk penentuan
informannya menggunakan teknik purposive sampling. Sedangkan teknik
pengumpulan data menggunakan observasi partisipan, wawancara tersturktur, dan
dokumentasi. Adapun teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif yang terbagi dalam reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau kesimpulan. Sedangkan teknik keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber.
Penelitian ini mendapatkan kesimpulan 1) dengan penghasilan nelayan yang kadang tidak menentu pendapatan ikan di laut. Oleh karena itu proses produksi yang dilakukan perusahaan ketika keterbatasan bahan baku utama yaitu dengan menimbun barang di dalan cool storage (ruang pembekuan) serta melakukan kerja sama antar perusahaan untuk mengambil bahan baku utama di perusahaan tersebut. Perusahaan juga mendapatkan bantuan keuangan yang berbentuk hutang di bank, dengan demikian perusahaan mampu menaikkan kemampuan produksi dari perbaikan serta peningkatan. 2) dalam dunia kerja peranan karyawan sangat dibutuhkan, terlebih untuk mengukur produktivitas tenaga kerja dengan menggunakan input yang lebih tinggi tetapi dengan menaikkan angka produksi dari 30 ton ke 50 ton. Agar perusahaan dapat sejahtera dibutuhkannya kemampuan, pelatihan, sikap kerja, tingkat pendidikan, tingkat keterampilan, organisasi, mental dan kemampuan fisik karyawan, situasi keadaan dan lingkungan, serta penerapan teknologi.
Kata kunci: Perusahaan, Tenaga Kerja, Kualitas Produksi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140104 Microeconomic Theory
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150312 Organisational Planning and Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Mis Halimatus Sakdiyah
Date Deposited: 28 Nov 2022 01:55
Last Modified: 28 Nov 2022 01:55
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/15395

Actions (login required)

View Item View Item