Optimalisasi Pembiayaan Mudharabah dalam Meningkatkan Laba dan Market Share Perbankan Syariah (Studi Kasus BSI KCP Sidoarjo Krian)

Damayanti, Sekar Kirana (2022) Optimalisasi Pembiayaan Mudharabah dalam Meningkatkan Laba dan Market Share Perbankan Syariah (Studi Kasus BSI KCP Sidoarjo Krian). Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SEKAR WATERMARK.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSRAK
Sekar Kirana Damayanti, Moch. Chotib, S.Ag., M.M, 2022: Optimalisasi Pembiayaan Mudharabah sebagai Core Product dalam Meningkatkan Laba dan Market Share Perbankan Syariah (Studi Kasus BSI KCP Sidoarjo Krian).
Pembiayaan Mudharabah dalam kenyataannya belum dapat memberikan suatu kontribusi yang optimal dan maksimal dalam mendukung kemajuan perekonomian sektor riil, karena untuk saat ini masih di dominasi oleh pembiayaan murabahah yang menggunakan sistem non-bagi hasil. Pembiayaan Mudharabah juga memiliki proporsi paling kecil dibandingkan dengan pembiayaan perbankan syariah yang lain.
Fokus penelitian dalam skripsi ini yaitu (1) Bagaimana mekanisme pembiayaan mudharabah pada Bank BSI KCP Sidoarjo Krian? (2) Apa saja kendala yang dihadapi oleh Bank BSI KCP Sidoarjo Krian dalam mengoptimalkan pembiayaan mudharabah sebagai core product? (3) Bagaimana upaya mengoptimalkan pembiayaan mudharabah dalam meningkatkan laba dan market share pada Bank BSI KCP Sidoarjo Krian?
Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui mekanisme penerapan pembiayaan mudharabah Bank BSI KCP Sidoarjo Krian. (2) Untuk mengetahui hal-hal yang dinilai sebagai kendala untuk menjadikan pembiayaan mudharabah sebagai core product pada Bank BSI KCP Sidoarjo Krian. (3) Untuk mendeskripsikan upaya mengoptimalkan pembiayaan mudharabah dalam meningkatkan laba dan market share pada Bank BSI KCP Sidoarjo Krian.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Kualitatif. Penelitian kualitatif bersifat deskriptif. Penjabaran dalam penelitian lebih menggunakan deskripsi dari pada angka. Penelitian ini juga termasuk ke dalam kategori penelitian lapangan (field research) dikarenakan peneliti harus terjun langsung ke lapangan. Dalam penulisan laporan peneliti banyak menggunakan fakta yang diungkap di lapangan untuk memberikan dukungan terhadap apa yang disajikan dalam laporan yang dibuat.
Penelitian ini dapat disimpulkan (1) Skema pembiayaan mudharabah pada Bank BSI KCP Sidoarjo Krian telah dilaksanakan dengan mengedepankan prinsip 5C guna meminimalisir resiko pembiayaan dari akad pembiayaan mudharabah tersebut. (2) Terdapat beberapa kendala dalam proses optimalisasi pembiayaan mudharabah, diantaranya; faktor kepercayaan, masih kurangnya pengetahuan masyarakat terhadap produk perbankan syariah, minat nasabah, ketidakpastian pendapatan usaha yang dijalankan oleh nasabah (3) Beberapa strategi yang dilakukan oleh BSI KCP Sidoarjo Krian terkait dengan proses optimalisasi produk pembiayaan mudharabah dalam meningkatkan laba dan market share yaitu dengan; mengedukasi masyarakat tentang produk-produk pembiayaan yang ada pada Bank Syariah, lebih meningkatkan ketelitian dalam menyeleksi calon nasabah pembiayaan, pengawasan usaha yang dilakukan oleh pihak bank.

Kata Kunci: Optimalisasi Mudharabah, Strategi Pembiayaan Mudharabah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140102 Macroeconomic Theory
14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140103 Mathematical Economics
14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140104 Microeconomic Theory
Depositing User: Sekar Kirana Damayanti
Date Deposited: 28 Nov 2022 07:22
Last Modified: 28 Nov 2022 07:22
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/15396

Actions (login required)

View Item View Item